BLT Subsidi Gaji Cair, Hindari Beli Barang Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 622 2281761 blt-subsidi-gaji-cair-hindari-beli-barang-ini-YkyvaGdRTu.jpg Pekerja Dapat Subsidi Gaji Rp1,2 Juta dari Pemerintah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah segera mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji tahap ke-4. Sudah terdata 2,8 juta nama calon penerima bantuan sosial (bansos) sebesar Rp1,2 juta.

Perencana Keuangan Andi Nugroho menyarankan, BLT subsidi gaji ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Salah satunya dengan menggunakan BLT subsidi gaji untuk hal-hal yang sangat penting.

Sementara hal-hal yang dianggap kurang penting diharapkan bisa untuk ditunda terlebih dahulu. Mengingat saat ini situasinya serba sulit dan ketidakpastian masih menyelimuti lingkungan dalam negeri akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Jakarta PSBB, Haruskah Beli Masker Kekinian yang Menguras Kantong?

Salah satu contoh barang yang mesti dihindari untuk dibeli seperti sepatu dan baju baru. Apalagi, jika sepatu dan baju yang dibeli ini sebatas untuk mejeng atau mendapat pengakuan dari orang lain saja.

Selain itu, barang-barang seperti handphone baru ini juga lebih baik ditunda. Pekerja pun harus menilai apakah handphone yang ada masih berfungsi atau tidak?

Baca Juga: 5 Penyebab Transferan BLT Rp1,2 Juta Tak Masuk Rekening

"Jadi kita juga harus tahu diri, ketika kita di backup seperti itu kemudian pastinya untuk belanja ganti handphone model baru atau mungkin belanja sepatu baru atau baju baru yang kurang dibutuhkan itu jauh-jauhin dari kepala kita," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (22/9/2020).

Menurut Andi, BLT subsidi gaji adalah sifatnya bantuan untuk membackup khususnya bagi pekerja yang penghasilannya terkena dampak pandemi. Sehingga, pekerja ini bisa tetap memenuhi kebutuhan sehari-harinya meskipun penghasilannya terdampak covid.

"Dengan kita mendapat BLT, berarti pemerintah menilai kita itu termasuk golongan masih kurang dan harus di backup lagi," jelasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini