Jangan Takut Resesi, Selalu Ada Peluang dalam Kesusahan

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 622 2282891 jangan-takut-resesi-selalu-ada-peluang-dalam-kesusahan-LCRxlATJCo.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ancaman resesi ekonomi memang menjadi salah satu momok yang ditakutkan oleh masyarakat. Karena masyarakat khawatir, adanya resesi ini bakal memicu pelemahan ekonomi yang berujung pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara massal.

Namun dibalik itu semua, ternyata resesi ekonomi juga bisa memiliki dampak positif. Misalnya adalah peluang bagi masyarakat untuk memulai usaha baru.

Baca Juga: Mau Investasi Saham Jelang Resesi, Aman Enggak Ya?

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan dalam setiap kesempatan, optimisme harus tetap dikedepankan meskipun ekonomi berada di dalam bayang-bayang resesi. Karena menurutnya, ada peluang yang bisa dimanfaatkan dari resesi ekonomi. 

"Di segala situasi sebenarnya selalu ada peluang. Tinggal kitanya saja," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (24/8/2020).

Baca Juga: Sisihkan 30% dari BLT Rp1,2 Juta untuk Modal Usaha

Menurut Mike, pandemi dan resesi memang banyak menyebabkan para pelaku usaha gulung tikar karena rugi. Sementara itu di sisi lain, resesi ekonomi ini berpotensi untuk menciptakan para pelaku usaha baru yang akan mengisi kekosongan tersebut.

"Kan resesi tidak hanya mengakibatkan orang kehilangan pekerjaan, bisnisnya tutup. Tapi ada juga orang yang mendapatkan keuntungan karena itu," jelasnya. 

Sebagai salah satu contohnya adalah, mulai banyak memunculkan usaha makanan dan minuman rumahan baru. Hal yang memicu munculnya usaha baru adalah, adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang memaksa masyarakat untuk berdiam diri di rumah untuk menghindari penyebaran virus corona.

"Sekarang paling simpelnya aja dari kondisi pandemi ini, ternyata banyak memunculkan usaha-usaha rumahan. Usaha usaha yang terkait dengan recovery dari pandemi," kata Mike.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini