Share

Menabung saat Resesi, 5 Mindset Ini Wajib Dihilangkan

Safira Fitri, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 622 2288271 menabung-saat-resesi-5-mindset-ini-wajib-dihilangkan-aOARe0Lb88.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA – Ekonomi Indonesia terancam resesi pada kuartal III 2020. Diperlukan pengelolaan keuangan yang tepat dalam menghadapi resesi.

Namun tak jarang ditemukan masalah pengelolaan keuangan. Pasalnya, banyak pula di antaranya yang memiliki pikiran tidak mampu akan hal menabung, padahal ini adalah dasar pemikiran yang bahaya.

Dikatakan bahaya, karena apabila sudah memiliki mindset tidak mampu, maka alokasi dana yang dimiliki akan tidak terkontrol, bahkan bisa berhamburan secara tidak teratur dan diakhiri dengan pertanyaan, uangnya habis ke mana saja?

Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan saat Indonesia Resesi

Pada dasarnya, semua orang sangat bisa menabung, entah walaupun penghasilan yang dimiliki dinilai kecil atau pun merasa harus memenuhi berbagai kebutuhan yang padahal tidak begitu penting.

Oleh sebab itu, perlunya meyakinkan diri dan sikap konsisten terhadap mengelola keuangan agar tidak merasa rugi di kemudian hari.

Adapun berikut ini sejumlah masalah keuangan yang kerap terjadi pada perempuan yang wajib dihindari seperti dilansir dari laman Instagram @pritaghozie, Jakarta, Minggu (4/10/2020).

 

1. Kurang percaya diri bahwa mampu produktif dan berpenghasilan,

2. Sulit mengelola uang karena tidak memisahkan pos pengeluaran,

3. Fear of missing out, jadi mudah insecure jika teman memiliki barang baru,

4. Sering beralih ke terapi belanja saat sedang sedih. Ahasil senangnya sesaat, lalu pusing bayar tagihan,

5. Tidak berani berinvestasi karena takut salah atau kena tipu.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini