Bukti UMKM Memainkan Peran Penting bagi Ekonomi RI

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 09 Oktober 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 455 2291177 bukti-umkm-memainkan-peran-penting-bagi-ekonomi-ri-RFeNK50ZWo.jpg UMKM Terkena Dampak Virus Corona. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berkontribusi sangat besar dalam perekonomian Indonesia di tengah pandemi Covid-19. Di mana ada beberapa contoh UMKM bisa mendorong ekonomi.

"Seperti, UMKM menyerap tenaga kerja yang terbesar. 97% dari total tenaga kerja di Indonesia di sektor UMKM. Jadi sebagian besar masyarakat andalkan penghasilan sebagai pelaku usaha maupun pekerja di sektor UMKM," ujar dia dalam acara seminar virtual HPN, Peran Serta Pengusaha Nahdliyin dalam Revitalisasi Ekonomi Nasional, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Ada Corona, 50% UMKM Gulung Tikar

Kemudian, lanjut dia dari sisi output, UMKM memberikan sumbangan yang besar dalam perekonomian nasional. Sekitar 60% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia berasal dari kontribusi UMKM.

"Lalu, koperasi dan UMKM berperan penting sebagai sebagai instrumen pemberdayaan masyarakat. UMKM menjadi salah satu bagian penting dalam program PEN dengan alokasi anggaran sekitar Rp123 triliun," jelas dia.

Baca Juga: Ekonomi Indonesia Ditentukan Kualitas Pelaku Usaha

Dia menjelaskan program stimulus dan insentif bagi UMKM meliputi berbagai program di antaranya subsidi bunga, baik bagi Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun non KUR. Penempatan dana pemerintah di bank sehingga bank dapat menyalurkan kredit kepada pelaku usaha, khususnya UMKM.

"Dan ada, penjaminan kredit. Kita berharap perbankan tidak ragu untuk menyalurkan kreditnya kepada pelaku UMKM," tandas dia.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini