Inka Bangun PLTS Kapasitas 200 Mw di Kongo

Rina Anggraeni, Jurnalis · Minggu 11 Oktober 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 320 2291777 inka-bangun-plts-kapasitas-200-mw-di-kongo-EawKF8weU0.jpg PT Inka Bangun PLTS di Kongo Afrika. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - PT Inka (Persero) menandatangani kontrak kerja dengan TSG Global Holdings, untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 200 Mega watt peak (MWp) di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, Afrika.

Direktur Utama Inka Budi Noviantoro mengatakan, perseoran berkomitmen tetap melanjutkan proyek pembangunan PLTS meskipun di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Daftar Kereta Made in Indonesia yang Mendunia

"Memang jauh, memang sulit, tapi itu yang harus dijalankan. Dengan situasi Covid-19 dan segala macam protokolnya, kami tetap berangkat ke Kongo melaksanakan ground breaking 200 mega watt solar panel yang dikerjakan sama-sama Inka dengan PT Len," kata Budi dalam Webinar, Minggu (11/10/2020).

Kata dia, negara Afrika masih mempercayai komitmennya dengan Inka. Hal ini membuat, perseroan tidak mundur dalam pembangunan PLTS.

Baca Juga: Penampakan 22 Kereta Made in Indonesia yang Diekspor ke Bangladesh

"Tanggal 30 Oktober nanti akan datang juga delegasi kedua dari Kongo, levelnya menteri, akan datang bersama-sama dengan PT Len, Inka, Barata," katanya

Sebagai informasi, PLTS ini akan dibangun di atas lahan seluas 300 hektare (Ha). Nilai kontraknya mencapai USD175 juta atau setara Rp2,59 triliun. Pembangunan PLTS 200 MWp itu merupakan tahap awal, dari total proyek 1.000 MWp.

Pembangunan PLTS ini menggunakan sistem ground-mounted (di atas tanah) dan on-grid atau terhubung/terkoneksi dengan jaringan (grid), artinya bersama pembangkit lainnya ikut menyuplai beban di jaringan listrik yang sama. PLTS ini akan digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke wilayah Kinsasha yang masih belum dialiri listrik.

Dalam proyek ini Inka bekerja sama dengan Len Industri yang merupakan pelopor produsen modul surya di Indonesia, yang telah merintis bisnis ini sejak tahun 1985.

Len Industri telah mengaplikasikannya di berbagai wilayah Indonesia produk-produk PLTS seperti: solar tree, penerangan jalan umum, solar rooftop, BTS surya, PLTS terpusat, PLTS hybrid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini