4 Cara Memilih Warna Cat Rumah agar Semangat WFH

Safira Fitri, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 470 2294557 4-cara-memilih-warna-cat-rumah-agar-semangat-wfh-RGmaTkH3tX.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Ruangan dengan warna tertentu mampu menciptakan suasana hati tertentu. Sebaliknya, jika penataan warna tidak tepat justru akan membuat penghuni merasa tertekan, jenuh, hingga menurunkan semangat kerja.

Oleh sebab itu, kehati-hatian sangat diperlukan dalam hal memilih warna cat dinding. Secara mudah, untuk menentukan tema warna, dapat memilih warna interior bangunan sebagai dasar yang mendominasi.

Baca Juga: 5 Pilihan Bahan Lantai untuk Mempercantik Dapur

Adapun berikut ini sejumlah tips memilih warna seperti dilansir dari buku 24 Desain 3in1 Ruang Multifungsi oleh Hendi Anwar, Tri Wahyu Handayani, Hani Handayani, Panji Aryacitra B., Jakarta, Jumat (15/10/2020).

Pertama, secara psikologis warna-warna seperti merah, jingga, dan kuning dapat membangkitkan selera makan. Lalu kedua, "colour will come to your rescue," tutur Architect Le Corbusier.

Ketiga, ruangan kerja dapat menjadi lebih berenergi dengan bantuan warna. Kemudian keempat, cobalah untuk menggabungkan warna gelap dengan warna terang, tekstur kasar dengan tekstur halus.

 

Atau pun material bersifat dingin dengan yang bersifat hangat. Terakhir keempat, bila akan memadu padankan tiga warna dalam satu ruangan, sebaiknya pilihlah satu warna dengan tingkat kontras yang berbeda.

Sebab, ruangan dengan warna tertentu dapat membuat rileks, menenangkan, meningkatkan efektivitas kerja, dan sebagainya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini