1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Banyak Inovasi Lahir Tangani Covid-19

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 320 2296436 1-tahun-pemerintahan-jokowi-ma-ruf-banyak-inovasi-lahir-tangani-covid-19-H57lR71G2q.jpg Setahun Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin Memimpin Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin memasuki usia satu tahun dalam memimpin Indonesia. Selama setahun kepemimpinan, pandemi Covid-19 sangat memengaruhi program kerja pemerintah.

Namun demikian, pemerintah tetap berupaya menuntaskan janjinya dan menyelesaikan pandemi ini. Dalam beleid laporan itu, terdapat pembahasan terkait "Dari Pandemi Jadi Inovasi".

Baca Juga: Geber Pembangunan Infrastruktur di Tengah Corona ala Jokowi-Ma'ruf

"Kreativitas seringkali muncul di tengah kesulitan dan krisis. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggalang inovasi di bidang teknologi. Tidak kurang dari 60 inovasi hasil riset dikembangkan untuk menghadapi pandemi," tilis laman resmi KSP.go.id, Selasa (20/10/2020).

Produk inovasi utama di antaranya Robot Dekontaminasi, atau Rapid Diagnostic Test Microchip, Robot Medical Assistant ITS - UNAIR (RAISA) hingga Mobile Ventilator Low Cost berhasil ditemukan untuk memudahkan perlawanan pada pandemi.

Baca Juga: 1 Tahun Jokowi-Ma'ruf, RI Akan Jadi Raja Baterai dan Produsen Mobil Listrik Dunia

Sementara itu, ada pula hasil produk inovasi pendukung yang menghasilkan produk-produk makanan dan minuman dengan bahan alami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kemudian ada kreativitas kikis krisis di tengah pandemi Covid-19 ini. Masyarakat juga melahirkan berbagai inovasi. Para pedagang yang biasanya selalu mengandalkan penjualan secara langsung, kini dengan berani memasarkan produknya secara daring.

"Pembatasan pasar, membuat masyarakat secara mandiri melayani lingkungannya dengan saling memenuhi kebutuhan sehari-hari," tambahnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini