Percantik Rumah dengan Kaktus, Tanaman Primadona saat Pandemi

Budi Sunandar, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 470 2296671 percantik-rumah-dengan-kaktus-tanaman-primadona-saat-pandemi-RtiPQ132oD.jpg Kaktus (Foto: Budi/Okezone)

PADANG - Selain tanaman hias aglonema, kaktus juga menjadi primadona dimasa pandemi. Selain perawatannya yang bisa terbilang mudah, kaktus juga bisa sekaligus menjadi pajangan dan souvenir yang marak diburu saat ini.

Tanaman kaktus banyak di jual di kampung kaktus yang berada didaerah Talang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat ini. Bisnis yang hanya berawal dari hobi ini bisa meraup omzet jutaan rupiah per minggunya.

Baca Juga: 8 Inspirasi Taman Mungil di Lahan Sempit

Pandemi covid-19 membuat aktifitas bisnis seperti usaha penjualan tanaman hias meningkat. Hal ini dialami Riri, seorang pengusaha tanaman kaktus. 

Lewat usaha yang dia namakan kampung kaktus, Riri menjual kaktus dari berbagai varietas dan ukuran. Riri sudah membudidayakan kaktus sejak tahun 2015 namun baru berbisnis sejak satu tahun terakhir.

Untuk memenuhi permintaan konsumen, selain budidaya mandiri dia juga dibantu pasokan kaktus dari petani pembudidaya didaerah Lembang, Bandung.

"Sejak pandemi omzet penjualannya meningkat 60% akibat melonjaknya permintaan masyarakat dengan tanaman hias," kata dia, Selasa (20/10/2020). 

Dia bahkan sering kehabisan pasokan dari petani.Sedikitnya ada 50 jenis kaktus yang dijual Riri mulai dari harga Rp50 ribu hingga jutaan rupiah.

Salah satu yang paling diminati adalah jenis gymno impor yang beraneka warna. Kaktus jenis ini dijual mulai dari Rp50 ribu hingga Rp200 ribu.

Bentuk tanaman kaktus yang unik dan perawatan yang terbilang mudah membuat kaktus diminati warga untuk menjadi tanaman hias. Kondisi pandemi yang membuat orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini