Share

ADB Sarankan Negara di ASEAN Segera Investasi Infrastruktur Digital

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 320 2297090 adb-sarankan-negara-di-asean-segera-investasi-infrastruktur-digital-EiDOjacO6W.jpg Ketimpangan Akses Internet di Indonesia. (Foto: Okezone.com/News Sky)

JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) mendorong negara di Asia Tenggara untuk memperluas investasi pada infrastruktur digital dan memastikan akses yang adil ke teknologi seiring upaya pemulihan akibat pandemi virus corona (Covid- 19).

Presiden ADB Masatsugu Asakawa mengatakan, negara di Asean harus mengatasi kesenjangan digital dengan meningkatkan investasi di infrastruktur digital. Dengan membangun lebih banyak jaringan dapat memastikan akses dan cakupan internet dengan harga terjangkau.

Baca Juga: ADB Kucurkan Pinjaman Khusus Bencana USD500 Juta ke RI

"Langkah-langkah tersebut juga dapat meningkatkan akses ke layanan sosial dasar, seperti kesehatan dan pendidikan, serta akses ke layanan keuangan. Investasi semacam itu akan membuat negara-negara lebih siap untuk mengatasi ketimpangan pendapatan dan disparitas peluang akibat pandemi," ujar Masatsugu Asakawa di Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Dia melanjutkan, simposium pembangunan Asia Tenggara bertujuan memberikan beragam perspektif terbaru kepada pemerintah dan para pemangku kepentingan lain tentang sejumlah persoalan pembangunan yang sangat penting. Sejalan dengan upaya negara-negara di kawasan Asia Tenggara untuk merespons Covid-19.

Baca Juga: Digitalisasi UMKM Terpentok Akses Internet dan Modal Terbatas

"Simposium pertama ini berfokus untuk memberi dukungan pengetahuan dalam penanganan dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi," katanya.

ADB berkomitmen mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan, serta terus melanjutkan upayanya memberantas kemiskinan ekstrem.

Sebagai informasi, didirikan pada 1966, ADB dimiliki oleh 68 anggota, 49 di antaranya berada di kawasan Asia dan Pasifik.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini