Sri Mulyani: Tak Boleh Ada Desa Tidak Ada Listrik dan Internet

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 320 2297454 sri-mulyani-tak-boleh-ada-desa-tidak-ada-listrik-dan-internet-2EsodtD9kT.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa pemerintah terus mengejar rasio elektrifikasi hingga 100%. Selain itu pemerintah juga akan mengaliri jaringan internet seluruh desa di Indonesia.

"Kami (pemerintah), berjanji akan kejar rasio elektrifikasi 100% dan tidak boleh satu desa yang tidak ada listrik. Kita juga kejar agar tidak ada 1 desa yang tidak terkoneksi dari internet," ujar dia dalam acara HUT ke-56 Golkar, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga: Menko Airlangga Pede Resesi Indonesia Tidak Lama

Dia menjelaskan bahwa pemerintah telah melakukan langkah luar biasa dalam mendukung transformasi digital. Seperti menyiapkan peta jalan alias roadmap (peta jalan) transformasi digital di sektor strategis. 

"Khsususnya di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial (bansos), sampai pendidikan dan perdagangan," ungkap dia.

Pihaknya pun membutuhkan talenta Sumber Daya Manusia (SDM), hingga 9 juta orang untuk mendukung digitalisasi tersebut. Hal ini dibutuhkan untuk 15 tahun ke depan.

"Jadi harus disiapkan 600 ribu per tahunnya untuk SDM. Kami juga harus investasi untuk pendidikan untuk mempersiapkan transformasi digital," tandas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini