Ingatkan Krisis Pangan, Jokowi ke Kepala Daerah: Hati-Hati

Aditya Pratama, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 320 2297946 ingatkan-krisis-pangan-jokowi-ke-kepala-daerah-hati-hati-N487GEqmGa.jpg Presiden Jokowi (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh kepala daerah untuk memperhatikan ketersediaan pangan di wilayah masing-masing. Hal ini terkait peringatan FAO (Food and Agriculture Organization) bahwa pandemi Covid-19 bisa menyebabkan krisis pangan.

"FAO telah memperingatkan pandemi bisa menghasilkan krisis pangan," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2020 secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Baca Juga: Sri Mulyani: 34% Rumah Tangga Alami Kekurangan Pangan

Jokowi menambahkan, ketersediaan data valid perlu untuk merumuskan kebijakan tepat. Dia juga berharap adanya pengembangan data dan informasi lainnya.

"Sinergikan dengan data-data daerah buat neraca pangan akurat jika ada soal masalah kurang pangan bisa diatasi," kata dia.

Mantan Walikota Solo ini menyebut, data produksi dan konsumsi akurat penting untuk dimiliki agar bisa diketahui daerah mana saja yang kekurangan atau kelebihan pangan.

"Dengan begitu agar bisa mengetahui Provinsi mana yang kurang dan yang lebih, berdasarkan data itu perdagangan dan kerja sama antar daerah juga bisa didorong," ucapnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini