Waspada! Harga Emas Diprediksi Terus Menurun, Apa Penyebabnya?

Ferdi Rantung, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 622 2301583 waspada-harga-emas-diprediksi-terus-menurun-apa-penyebabnya-aE8Id3V9mc.jpeg Harga emas (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA - Harga Emas Antam dalam dua hari terakhir mengalami penurunan hingga anjlok di bawah Rp1 juta atau tepatnya di level Rp992.000 per gram. Di prediksi harga emas akan terus mengalami pelemahan.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan bahwa melemahnya harga emas dipengaruhi oleh kontestasi politik di Amerika Serikat. Menurutnya, jika pemilu di AS belum selesai maka harga emas tidak akan bergerak naik.

Baca juga: Harga Emas Antam Anjlok di Bawah Rp1 Juta/Gram, Cek di Sini

"Kemungkinan harga emas akan bergerak ke USD 1.830 /troy ons. Jika pemilu di AS belum selesai," katanya, Jumat (30/10/2020)

Dia juga menjelaskan bahwa harga emas juga terpengaruh atas stimulus lanjutan yang akan dikeluarkan oleh negeri Paman Sam tersebut. Pelaku pasar sangat menantikan stimulus tersebut, namun sayangnya hal itu tidak akan terealisasi jika pemilu belum usai.

 

Selain itu, lanjut Ibrahim, harga emas juga tertekan akibat adanya lockdown di Eropa. Kondisi tersebut dipengaruhi akibat adanya gelombang kedua pandemi Covid-19 di benua biru tersebut.

Meski begitu, Ia tetap memprediksi akan ada penguatan kembali dari harga emas, namun sifatnya hanya sementara. Emas tidak akan naik hingga melebihi Rp1.065.000 per gram.

"Sampai akhir tahun harga emas masih akan terus bergejolak," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini