Bakal Masuk Dunia Kerja, Sri Mulyani Minta Mahasiswa Tak Hanya Lomba Kumpulkan SKS

Taufik Fajar, Jurnalis · Senin 02 November 2020 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 320 2303040 bakal-masuk-dunia-kerja-sri-mulyani-minta-mahasiswa-tak-hanya-lomba-kumpulkan-sks-S33DG7vM42.jpg Sri Mulyani (Foto: Setkab)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta kepada para mahasiswa agar mengasah kemampuan untuk memasuki dunia kerja sejak di bangku kuliah.

Menurutnya mahasiswa tak seharusnya hanya berlomba mengumpulkan satuan kredit semester (SKS) selama kuliah.

Pasalnya, lanjut dia, banyak mahasiswa yang mengambil banyak SKS selama masa sekolah. Walaupun mata kuliahnya berbeda dengan dunia kerja kelak.

"Jadi kita minta mahasiswa terekspose dan tidak melulu berlomba-lomba memasukkan SKS. Di mana ketika lulus mencari kerja ternyata tidak memadai" kata dia dalam acara Studium Generale 2020 LPDP, Senin (2/11/2020).

Sri Mulyani juga ingin mutu dari dosen di perguruan tinggi ditingkatkan. "Hal ini yang diharapkan oleh industri," jelas dia.

Dia juga menambahkan, kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja di industri dengan kapasitas tenaga kerja lulusan perguruan tinggi di Indonesia masih tinggi.

"Hal ini dikarenakan banyak orang yang menilai sudah memiliki wawasan cukup yang didapatkan dari bangku kuliah. Tapi tidak sesuai dengan kesempatan kerja yang ada," tandas dia.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini