Pilpres AS Penuh Ketidakpastian, Investasi Apa Nih?

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 622 2303965 pilpres-as-penuh-ketidakpastian-investasi-apa-nih-VapWSbYrNi.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Para investor dihadapkan oleh segudang ketidakpastian. Hal ini menyusul Pemilu Amerika Serikat (AS) bergerak ke hari terakhir pemungutan suara secara langsung.

Direktur PT.TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, saat ini memang calon Presiden pesaing dari Demokrat yakni Joe Biden menjadi favorit untuk memenangkan Pilpres ini. Namun ternyata persaingan di negara bagian yang menjadi medan pertempuran yang masih jauh dari pasti.

Baca Juga: Jabar Juara Gaet Investor, Raup Investasi Rp86,3 Triliun

“Pemilu AS bergerak ke hari terakhir pemungutan suara secara langsung, investor melihat segudang ketidakpastian yang berputar-putar tentang hasilnya,” ujarnya kepada Okezone, Rabu (4/11/2020).

Para investor ini memilih untuk jenis investasi yang safe heaven. Apalagi ketika Presiden Donald Trump di menyatakan akan menolak untuk menerima hasil pemungutan suara jika dia kalah.

“Presiden Donald Trump juga, di berbagai waktu berbeda, menyatakan bahwa dia akan menolak untuk menerima hasil pemungutan suara jika dia kalah. Ketidakpastian yang diciptakan oleh hal ini mendorong perpindahan ke aset safe haven,” jelasnya.

Sementara itu, di sisi lain jika Joe Biden pelaku pasar mempertimbangkan apa yang kemungkinan besar merupakan program stimulus COVID-19 yang substansial. Stimulus ini bisa melemahkan dolar dan meningkatkan nilai emas sebagai tanggapan.

“Potensi Demokrat menguasai DPR, Kongres, dan kursi kepresidenan juga menciptakan skenario positif untuk harga emas,” kata Ibrahim.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini