Disiplin Kuota agar Kantong Tak Jebol Gegara Internet Habis Mulu

Fadel Prayoga, Jurnalis · Selasa 10 November 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 10 622 2307266 disiplin-kuota-agar-kantong-tak-jebol-gegara-internet-habis-mulu-ekgY0wViwf.jpg Tips Mengelola Keuangan Supaya Tidak Boros Kuota Internet. (Foto: Okezonec.com/Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat beberapa aktivitas sosial menjadi terbatas. Seperti sekarang, sebagian orang memanfaatkan perkembangan teknologi dalam kerja, rapat virtual hingga pelatihan daring.

Pelaksanaan kegiatan secara daring tentu menyedot kuota internet dari sebelum adanya pandemi. Oleh sebab itu, diperlukan trik-trik khsusus agar kuota internet tak cepat habis sebelum waktunya.

Baca Juga: Harbolnas, Orang Kaya Bakal Buang-Buang Duit?

Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengimbau, agar pemakaian internet dikhususkan hanya untuk kebutuhan kerja atau kebutuhan anak sekolah. Sebaiknya dihindari untuk kegiatan bermain game online, yang juga menyedot kuota amat besar.

"Maka apabila kondisinya mmg terbatas dari sisi budget pembelian kuota internet, maka pengaturannya adalah harus lebih disiplin kuota tersebut memang digunakan untuk sekolah ataupun kerja," kata Andy kepada Okezone, Selasa (10/11/2020).

Baca Juga: Godaan Diskon Belanja di Tanggal Cantik Harbolnas, Buat Daftar Prioritas!

Menurut dia, penggunaan internet untuk menunjang kebutuhan sekolah ataupun kerja memang tak dapat dihindari lagi di tengah pandemi ini. Namun, pemakaiannya tetap harus diatur agar tak bolak-balik ke tukang pulsa hanya untuk membeli kuota.

"Bila penggunaan kuotanya memang untuk kebutuhan sekolah ataupun kerja, maka tentu hal tersebut tidak dapat ditawarkan lagi dan memang harus dipenuhi," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini