Ciri-Ciri Ayah yang Pintar Kelola Keuangan Keluarga

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 622 2308450 ciri-ciri-ayah-yang-pintar-kelola-keuangan-keluarga-sAjnsoQ4zn.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ketika mengatur keuangan sebuah keluarga, biasanya Ibu berperan paling dominan. Namun, dalam sebuah keluarga tentu diperlukan juga peran seorang Ayah yang pintar mengelola keuangan.

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho, meski sang suami memberikan kewenangan penuh kepada istrinya dalam soal belanja keluarga. Tapi dia tak lantas membiarkannya begitu saja tanpa adanya pengontrolan.

Baca Juga: Indonesia Resesi, Yuk Buat Skala Prioritas Pengeluaran

"Ayah yang pintar mengelola keuangan menurut saya kalaupun semisal dia menyerahkan pengelolaan keuangan kepada istrinya, dia tidak "melepas" istrinya begitu saja dalam membelanjakan uang," kata Andy kepada Okezone, Kamis (12/11/2020).

Dia menyebut Ayah juga harus memiliki peran apakah yang dibeli istrinya itu merupakan kebutuhan yang penting atau tidak. Dengan begitu, jatah yang diberikan suami kepada istrinya akan selalu digunakan secara bijak.

"Ikut memantau dan memberikan keputusan apa yang sebaiknya dibeli atau tidak dibeli," ujarnya.

Dengan menerapkan prinsip berkeluarga seperti itu, kata dia, Ayah dan Ibu mempunyai tanggungjawab yang sama terhadap pengeluaran keluarga. Sebab, ketika sudah berkeluarga tentu komunikasi merupakan hal yang penting agar keuangan tetap sehat.

"Jadi sang suami juga ikut bertanggung jawab atas pengeluaran yang dilakukan oleh istrinya. Demikian juga sebaliknya," kata dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini