Sandiaga Uno Ingin Program Kartu Prakerja Lahirkan Pengusaha Tangguh

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 14 November 2020 22:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 14 320 2309699 sandiaga-uno-ingin-program-kartu-prakerja-lahirkan-pengusaha-tangguh-tWsSA847cA.jpeg Pengusaha (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sandiaga Uno menyebut program kartu prakerja menjadi salah satu cara untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Apalagi akibat pandemi covid-19, jumlah angka pengangguran pun terus bertambah.

Menurut pria yang kerap disapa Sandi, berdasarkan data yang dia miliki, jumlah pengangguran saat ini mencapai 9,77 juta jiwa. Oleh karena itu, perlu langkah terobosan agar angka pengangguran bisa berkurang.

"Di Indonesia, terutama di tengah-tengah pandemi seperti yang sudah kita ketahui, pengangguran meningkat. Total sekarang mencapai 9,77 juta jiwa," ujarnya dalam kelas wirausaha online, Sabtu (14/11/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, program prakerja merupakan terobosan nyata dari pemerintah dalam menjawab tantangan besar dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Karena lewat program kartu prakerja, pemerintah bisa membina para Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar bisa memiliki kemampuan atau skil.

"Peran ini sangat penting untuk mempersiapkan tenaga kerja kita agar semakin produktif, semakin berdaya saing, semakin meningkatkan SDM kita dan kita harus membekali keluarga Indonesia dengan keterampilan yang mereka butuhkan agar bisa mendapatkan penghasilan untuk menghidupi diri mereka dan keluarga," jelas Sandi

Menurut Sandi, program kartu prakerja juga ikut berperan penting dalam menciptakan pekerjaan sebanyak-banyaknya dan seluas-luasnya. Karena dengan mendidik orang-orang untuk keterampilan maka lapangan pekerjaan akan terbuka bagi mereka terutama di era 4.0

"Kita harapkan hari ini kita launching satu program yang dapat meningkatkan keterampilan wirausaha. Diharapkan juga bisa menjadi pengusaha yang tangguh nih teman-teman para anak muda untuk buka lapangan kerja," jelasnya.

 

Namun menurut Sandi, dalam rangka penyediaan lapangan pekerjaan ini dibutuhkan peran semua pihak. Karena, pembukaan lapangan pekerjaan adalah tantangan yang besar untuk bisa keluar dari keterpurukan yang disebabkan oleh pandemi kepada ekonomi Indonesia.

"Ayo kita sama-sama berkolaborasi dan kerjasama kolosal berskala besar di sektor pemerintahan, di dunia usaha, startup," ucapnya.

Sebagai informasi, Sandiaga Uno menyelenggarakan konferensi pers peluncuran kelas kewirausahaan di Rumah Siap Kerja yang dapat dimiliki oleh penerima Kartu Pra Kerja melalui Tokopedia. Kelas kewirausahaan ini bekerja sama dengan Manajemen Pelaksana Program Kartu Pra Kerja milik pemerintah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini