Produk Kopi hingga Kertas RI Laris Manis Diborong Jepang

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 17 November 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 17 320 2311218 produk-kopi-hingga-kertas-ri-laris-manis-diborong-jepang-eaIagUSSUK.jpg Kopi (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Beberapa produk dalam negeri Indonesia laris manis diborong oleh negara-negara tetangga. Contohnya produk lokal yang banyak diminati seperti kertas, kopi hingga kendaraan dan komponen kendaraan.

Produk-produk dalam negeri tersebut banyak diborong oleh negara-negara di dunia dalam acara pameran perdagangan digital (Trade Expo Indonesia Virtual Exhibition/TEI-VE) yang diselenggarakan oleh pemerintah lewat Kementerian Perdagangan.

Baca Juga: Hari Kopi Internasional, Sensasi Ngopi Buatan Barista Difabel

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, dalam pameran tersebut, ada beberapa negara yang memiliki transaksi terbesar. Misalnya adalah Jepang, Mesir, Australia, Malaysia, dan Belanda.

“Produk-produk dengan nilai transaksi terbesar yaitu kertas, kopi, kendaraan dan komponen kendaraan, produk industri strategis, serta rempah- rempah,” ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (17/11/2020).

 

Menurut Agus, dalam pameran tersebut total nilai transaksi sementara mencapai USD678,1 juta atau setara Rp9,54 triliun (mengacu kurs Rp14.0000 per USD). Angka tersebut masih bisa bertambah mengingat masih ada beberapa transaksi yang masih dalam tahap negosiasi

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. TEI-VE tahun ini berhasil mencatat nilai transaksi sementara sebesar USD678,1 juta yang meliputi perdagangan barang, investasi, dan jasa. Nilai tersebut akan terus bertambah, mengingat ada beberapa transaksi yang masih dalam tahap negosiasi hingga penutupan showcase produk pada 10 Desember 2020,” ujar Mendag.

Menurut Mendag, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo untuk melakukan transformasi kegiatan luring ke daring dalam upaya meningkatkan nilai tambah produk unggulan, berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam TEI-VE ke-35 ini.

“Pada pelaksanaan TEI-VE ke-35 ini kembali terlihat aktualisasi sinergi antar kementerian. Sinergi, koordinasi, dan kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku usaha dalam peningkatan ekspor nasional akan terus kita tingkatkan di masa yang akan datang. Dengan begitu, kinerja ekspor akan terus meningkat serta memberi kontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian nasional,” pungkas Mendag.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini