Pangeran Arab: Krisis Covid-19 Sadarkan Pentingnya Kemanusian

Michelle Natalia, Jurnalis · Senin 23 November 2020 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 320 2314226 pangeran-arab-krisis-covid-19-sadarkan-pentingnya-kemanusian-pR1vhXv1A1.jpg KTT G20 (Foto: Okezone.com/G20)

RIYADH - Dalam pidato presidensi G20 Riyadh Summit 2020, Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al-Saud menyampaikan G20 telah menunjukkan bahwa, bersama-sama, kekuatan semua negara anggota terletak pada persatuan.

Menurut dia, inilah tepatnya alasan mengapa G20 dibentuk, untuk menyatukan negara-negara dari setiap benua untuk menghadapi tantangan terbesar hari ini secara kolektif dan menerapkan solusi bersama yang efektif.

Baca Juga: G20 Sepakat Beri Dukungan Negara Berkembang Terdampak Covid-19

"Kami sepenuhnya menyadari pentingnya perlindungan yang lebih baik dari pandemi di masa depan, dan kami harus mengambil pelajaran dari krisis ini," ungkap Mohammed di Riyadh, Minggu malam (22/11/2020).

Untuk memastikan hal itu, Kepemimpinan Saudi di G20 mengusulkan inisiatif untuk meningkatkan akses ke alat dan perlengkapan pandemi.

 

Inisiatif ini ditujukan untuk mencapai 3 target utama. Yang pertama adalah mempromosikan riset dan pengembangan (R&D), dan distribusi alat diagnostik, terapi, dan vaksin untuk semua penyakit menular. Yang kedua adalah mendorong dan memfasilitasi pendanaan internasional untuk ke siap siagaan pandemi global, dan yang ketiga adalah mendukung pelatihan ahli epidemiologi dari seluruh dunia.

"Krisis ini mengingatkan kita pada pentingnya kemanusiaan kita, esensi filantropis dan mendorong kita mengambil inisiatif. Meskipun kesulitan tak terduga datang dengan pandemi ini secara global, kami bertahan dengan tema presidensi G20, yaitu 'Memberdayakan Manusia, Menjaga Planet, dan Membentuk Batas Baru'," ungkap Mohammed.

Dia menyebutkan, tema-tema ini sekarang lebih relevan dari sebelumnya untuk mengatasi krisis global ini, mendorong pemulihan yang tangguh, dan berkelanjutan, dan membentuk dunia yang lebih baik untuk semua orang.

Kepemimpinan Saudi di G20 telah memfokuskan upayanya untuk membangun yang lebih kuat, lebih tangguh, dan lebih berkelanjutan untuk dunia.

"Ini sejalan dengan Kerajaan Arab Saudi yang saat ini mengalami transformasi ekonomi dan sosial yang besar, terarah dengan Visi 2030 kami yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua warga negara kami, terutama perempuan dan pemuda, dapat merebut peluang abad ke-21," jelas Mohammed.

Dalam kerangka kepemimpinan Saudi di G20, para anggota G20 menyepakati sejumlah hal penting, yaitu inisiatif yang akan menjadi landasan pemulihan global.

"Yang kami harap dapat berdampak positif dalam beberapa dekade yang akan datang," tuturnya.

Kerajaan Arab Saudi akan terus mendukung upaya internasional terkait penyediaan terapi dan vaksin COVID-19 yang adil dan terjangkau untuk semua, begitu tersedia.

"Saya tahu banyak yang bergabung dengan kami dalam komitmen ini. Kami akan bekerja sama dengan mitra internasional kami dan kami harap kepemimpinan Italia di G20 tahun depan bisa mencapai ini," tambahnya.

Mohammed berpesan, Arab Saudi akan terus menjawab panggilan global untuk mengatasi tantangan abad ke-21, bersama-sama dengan para anggota G20 lainnya.

"Kami berharap yang terbaik untuk Italia," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini