Pengusaha: Kalau Mau Bangun Industri Harus Konsisten

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 320 2315142 pengusaha-kalau-mau-bangun-industri-harus-konsisten-02MEjrlwci.jpg Apindo Minta Pemerintah Konsistem dengan Aturan Bila Ingin Tingkatkan Investasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Industri Manufaktur Apindo Johnny Darmawan mengatakan dalam membangun industri yang baik dengan penerapan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tinggi, pemerintah harus menjalankan aturan yang dilakukan secara konsisten dan konsekuen

"Kalau mau membangun industri harus konsisten dan konsekuen, dengan aturan yang ada," katanya dalam Market Review IDX Channel, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Investasi Luar Pulau Jawa Meningkat, Kepala BKPM: Dampak Gencarnya Pembangunan

Dia menjelaskan, pemerintah harus konsisten dalam penerapan aturan. Artinya, sekali peraturan dikeluarkan maka harus dijalankan terus menerus.

"Jangan di tengah jalan berubah-ubah aturannya, dengan alasan-alasan yang ada maka dibuka impor lagii," jelasnya

Dalam hal konsekuen, pemerintah harus memberikan kemudahan atau insentif bagi pelaku industri. Supaya industri tersebut dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga: Produsen Pipa Plastik Belanda Siap Bangun Pabrik Rp1,7 Triliun di Indonesia

Da pun mengusulkan, dalam membangun industri ini harus ada sistem reward dan punishment. Misalnya saja pelaku usaha diberikan insentif,dan kemudahan dengan target 6 tahun. Namun jika tidak tercapai, maka pelaku usaha tersebut terkena penalti atau punishment.

"Hal ini kurang disukai pengusaha karena banyak yang takut kena pinalti," tandasnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini