Ingin Punya Rumah Cepat? Coba 5 Hal Ini

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 470 2315429 ingin-punya-rumah-cepat-coba-5-hal-ini-LtA4hwCH6i.jpg Cara Cepat Supaya Bisa Beli Rumah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Menyisihkan uang untuk membeli rumah tentu bisa dilakukan. Dengan cara yang tepat dan kesabaran ekstra, rumah impian bisa diwujudkan.

Beragam cara bisa dijalani, seperti mengetahu lebih dulu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membeli rumah. Kemudian membuat rekening terpisah sebagai tabungan rumah.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (24/11/2020), berikut tips mudah menyimpan uang agar bisa mendapatkan rumah dalam satu tahun.

1. Cari Tahu Berapa Banyak Yang Perlu Anda Tabung

Sebelum menabung, harus mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk membeli sebuah rumah. Dari situ harus memiliki target yang matang. Seminim mungkin dapat mengetahui uang muka yang diperlukan.

Baca Juga: Beli Janda Bolong Cs Hiasi Rumah, Perhatikan 4 Hal Ini

Sering kali, uang muka rumah merupakan beberapa persen dari total biaya rumah, yang akan bervariasi tergantung pasar pada kode pos Anda. Secara umum, disarankan untuk menghemat 20% dari total biaya rumah.

Menurut Katherine Perry, CFP, Konsultan Keuangan Fort Pitt Capital Group, jika ingin melangkah lebih jauh, disarankan untuk menyimpan 30% dari nilai harga rumah, sehingga dapat menurunkan 20% dan kemudian memiliki 10% tersisa untuk menutupi biaya tambahan, seperti biaya akhir.

2. Buat Pengurangan Otomatis ke Rekening yang Terpisah dari Tabungan

Salah satu cara untuk menolak membelanjakan uang untuk barang yang tidak perlu adalah dengan bersikap seolah-olah tidak pernah punya uang sejak awal. Perry menyarankan untuk membuat pengurangan otomatis dari rekening bank Anda pada hari Anda menerima pembayaran.

Baca Juga: Feng Shui di Kamar Bantu Tidur Nyenyak, Perhatikan Posisi Cermin

Namun jangan hanya memindahkannya ke tabungan yang biasa Anda gunakan ,tetapi buat rekening yang sepenuhnya terpisah yang hanya untuk uang muka Anda.

3. Pertimbangkan Akun Pasar Uang.

Seorang Perencana Keuangan Jordan Sowhangar merekomendasikan untuk memasukkan tabungan uang muka Anda ke dalam investasi yang berisiko

Jika ingin mengakses uang tunai dalam beberapa bulan, Anda harus memiliki strategi tentang jenis akun jangka pendek yang menghasilkan keuntungan paling banyak. Rekomendasi terbaiknya adalah akun pasar uang online atau CD jangka pendek yang memungkinkan penarikan dalam tiga atau enam bulan.

4. Manfaatkan Rejeki Nomplok

Anda pasti tidak asing denga istilah ini dan pasti pernah mengalaminya. Sowhangar mengatakan, rejeki nomplok adalah tambahan yang diperoleh bukan bagian dari pendapatan bulanan.

Daripada menggunakan uang “rejeki nomplok” itu untuk berhura-hura, lebih baik jadikan sebagai jalan cepat untuk mendapatkan rumah. Sowhangar mengatakan menempatkan rejeki nomplok langsung ke dalam tabungan lebih berhasil dan menguntungkan daripada upaya menabung yang lebih kecil.

5. Mengurangi Tabungan Pensiun untuk Sementara

Tabungan pensiun tidak boleh dikompromikan dalam jangka panjang.

Seorang Ahli Keuangan dan Pendiri Your Best Mindset Jim Brown mengatakan, menekan jeda pada dana ini awalnya terdengar seperti kesalahan langkah keuangan yang tidak konvensional, tetapi ini dapat memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan dana pembayaran dan kemudian mengarahkan pembayaran sewa bulanan untuk membangun ekuitas di perumahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini