Dear Bu Ida dan Pak Jokowi, Kapan BLT Subsidi Gaji Cair Lagi?

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 02 Desember 2020 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 320 2320295 dear-bu-ida-dan-pak-jokowi-kapan-blt-subsidi-gaji-cair-lagi-YHI6VIsMF6.jpg Rupiah (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji termin kedua yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah mencapai tahap V. Namun, hingga saat ini masih ada yang mengaku belum menerima BLT sebesar Rp1,2 juta tersebut.

Dengan disalurkankan tahap 5 termin kedua ini, maka Kemnaker telah menyalurkan BSU dari tahap I hingga tahap 5, total sebanyak 11,052 juta penerima. Jumlah ini masih kurang dari penyaluran BLT subsidi gaji termin I yang mencapai 12,4 juta penerima, sehingga masih ada harapan dari pencairan BLT termin II tahap 6.

Sejumlah netizen di Twitter mencuitkan status ihwal BLT yang hingga hari ini, Rabu (2/12/2020) tak juga masuk ke rekeningnya. Berikut beberapa tulisan warganet yang dikutip Okezone.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Sudah Tahap 5 tapi Rekening Belum Nambah Rp1,2 Juta 

Seorang warganet dengan akun Twitter @novianahd memgeluhkan rekeningnya yang tak juga cair BLT tersebut. Dia mengaku merupakan seorang pegawai swasta yang memiliki rekening BCA.

"2 Desember 2020 BLT BPJS via Bank BCA belum cair juga ke rekeningku @BPJSTKinfo @KemnakerRI @idafauziyah @jokowi," tulis @novianahd.

Kemudian, ada juga netizen dengan akun Twitter @DaengSamsur merasa heran kenapa pencairan BLT gaji termin kedua amat berbeda dengan termin pertama.

"@BPJSTKinfo mau tanya ni terkait BSU BLT, tahap ke 2 , saya tahap 1 sudah cair di batch 3 , tetapi sampai sring batch 2 sudah tahap 5 pnya saya belum cair, sementata teman kerja saya sebagian besar suda cair. Perusahaan kami jaoing dengan bank BRI. Mohon infonya," tulis @DaengSamsur.

"Siang, Sahabat. Perihal BSU akan dicairkan secara bertahap. BPJSTK bertugas mengumpulkan dan validasi data calon penerima BSU. Penyaluran dan transfer BSU merupakan wewenang Kemenaker sebagai pemilik anggaran. -Ruhi," balas @BPJSTKinfo.

Selain itu, adapula warganet yang menyatakan bahwa hanya dirinya yang belum menerima BLT gaji termin kedua di kantornya. Padahal, ketika pencairan termin pertama, pencairannya terjadi secara bersamaan.

"Dari termin 1 s/d 2, menurut saya penyalurannya sangat tidak jelas, bertahap bertahap, ga jelas bertahapnya sesuai apa, karena satu kantor, kerjaan sama, gaji sama sampai saat ini cuma saya doang yang BLT nya belum cair. Padahal termin 1 masuk barengan," tulis @riko_aldio.

Sebelumnya, Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, penyaluran BLT ini, tentunya setelah diproses oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) kepada bank penyalur, untuk selanjutnya di ditransfer ke rekening penerima baik Himbara (Himpunan Bank-Bank milik Negara) maupun non-Himbara.

Dia menyarankan, bagi pekerja yang merasa berhak mendapat bantuan subsidi gaji atau upah namun masih belum menerima agar segera melapor dengan manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga penyelesaian data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemnaker,” jelasnya dalam keterangan tertulis, beberapa waktu lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini