Cek Kondisi Keuangan Negara, Skema Perubahan Gaji PNS Tak Permanen

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 320 2321394 cek-kondisi-keuangan-negara-skema-perubahan-gaji-pns-tak-permanen-NkvYnDALZ9.jpg PNS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Skema gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) segera diganti, tidak lagi berdasarkan pangkat atau golongan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan kebijakan ini tidak akan permanen. Sebab menyesuaikan keuangan negara.

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono mengatakan, kebijakan mengenai skema gaji PNS yang baru ini tidak permanen karena mengikuti kondisi keuangan negara.

“Ini kebijakan dari pemerintah dan terkait dengan kondisi keuangan negara jadi tidak permanen,” ucapnya kepada Okezone, Jakarta, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga: Sistem Gaji PNS Diubah karena Kondisi Keuangan Negara 

Nantinya gaji PNS hanya ada dua elemen, gaji pokok dan tunjangan. Hanya saja dalam penyusunannya, pemerintah akan berhati-hati memutuskan kebijakan ini.

“Seluruh kebijakan penetapan penghasilan PNS tersebut tentu berkaitan erat dengan kondisi keuangan negara, sehingga dibutuhkan upaya ekstra hati-hati,” ujarnya.

BKN memastikan dengan kebijakan baru tersebut PNS tidak akan dirugikan.

Paryono menambahkan, untuk formula Tunjangan PNS nantinya akan meliputi Tunjangan Kinerja dan Tunjangan Kemahalan. Rumusan Tunjangan Kinerja didasarkan pada capaian kinerja masing-masing PNS.

Sebagai gambaran, sebelumnya PNS banyak mendapatkan tunjangan-tunjangan. Pertama adalah tunjangan kinerja alias Tukin, meskipun besarannya beda-beda tergantung kelas jabatan maupun instansi tempatnya bekerja, baik instansi pusat maupun daerah.

Kemudian yang kedua adalah tunjangan suami atau istri, lalu yang ketiga adalah tunjangan anak. Selanjutnya ada tunjangan makan dan jabatan. Lalu selain itu ada juga tunjangan perjalanan dinas.

“Sedangkan rumusan Tunjangan Kemahalan didasarkan pada Indeks Harga yang berlaku di daerah masing-masing,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini