Ruang Tamu vs Ruang Keluarga, Serupa Namun Tak Sama

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 470 2321719 ruang-tamu-vs-ruang-keluarga-serupa-namun-tak-sama-BVmwPRjgB1.jpg Dekorasi Ruangan (Thespruce)

JAKARTA – Ruang tamu dan ruang keluarga sekilas memang mirip, namun nyatanya berbeda. Dalam rumah, kedua ruangan tersebut sangat penting dan memiliki fungsinya masing-masing.

Tak jarang banyak orang terkecoh dengan fungsi kedua ruangan ini. Pasalnya, perbedaan antara ruang tamu dan ruang keluarga tidak terlalu banyak dan memang tampak identik.

 Baca juga: IHSG Lesu 0,2% ke 5.810 Jelang Akhir Pekan

Jadi, apakah terdapat perbedaan antara kedua ruangan ini? Faktanya, ya.

Dilansir dari House Beautiful Jakarta, Jumat (4/12/2020), meskipun banyak orang menggunakan istilah "ruang tamu" dan "ruang keluarga" secara bergantian, sebenarnya dua ruangan tersebut tidaklah sama dan ini beberapa perbedaannya:

 Baca juga: Mau Cuan di Akhir Tahun? Coba Lirik Saham Ini

Ruang Tamu

Berdasarkan tulisan Joan DeJean untuk New York Times, semula ruang tamu adalah ruangan formal untuk menyambut tamu di abad ke-17. Namun, perlahan berubah menjadi ruang pertemuan yang lebih kasual seperti yang dikenal sekarang. Di beberapa rumah kontemporer, ruang tamu benar-benar santai, tetapi di rumah lain, ruang tamu masih mempertahankan desain yang lebih formal.

Ruang Keluarga

Ruang keluarga memiliki fungsi yang hampir sama dengan ruang tamu. Ruangan ini merupakan tempat bagi semua orang untuk berkumpul dan bersantai bersama di penghujung hari. Meskipun demikian, terdapat beberapa perbedaan. Berbeda dengan sebagian ruang tamu yang lebih formal, ruang keluarga memiliki desain yang lebih santai, dan cenderung ramah bagi anak.

Apakah Benar-Benar Ada Perbedaan?

Pada akhirnya, terserah masing-masing orang untuk menginterpretasikan apakah ruang tamu dan ruang keluarga memiliki perbedaan. Tiap orang bebas menentukan apa sebenarnya ruang tamu atau ruang keluarga yang perlu dalam rumah mereka. Jika memiliki rumah yang cukup besar, memiliki kedua ruangan tersebut mungkin tidak masalah.

Tetapi, jika tinggal di rumah yang lebih kecil, memiliki salah satunya saja sudah cukup. Dengan satu area pertemuan utama, sebut saja secara bergantian antara ruang tamu ataupun ruang keluarga. Sebab, kedua ruangan ini dapat memberikan fungsi yang sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini