4 Fakta Jokowi Marah Mensos Juliari Korupsi Bansos Covid-19, Silakan Digigit

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 06 320 2322754 4-fakta-jokowi-marah-mensos-juliari-korupsi-bansos-covid-19-silakan-digigit-hOPT2Yfj7d.jpg Jokowi Soal Bansos Dikorupsi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara sebagai tersangka penerima suap. Dia diduga menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako untuk penanganan Covid-19 di wilayah Jabodetabek.

Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi. Dia meminta agar menteri dan kepala daerah hati-hati dalam menggunakan APBD maupun APBN.

Berikut fakta-fakta terkait Bansos Covid-19 yang dipaparkan Jokowi:

1. Jokowi Gigit Pelaku Korupsi

Jokowi memerintahkan Polri dan penegak hukum lainnya bersinergi dalam mengawasi dana penanganan Covid-19 yang mencapai Rp695,2 triliun.

"Kalau ada potensi masalah segera ingatkan. Tapi, kalau sudah ada niat buruk untuk korupsi ada mens rea ya harus ditindak. Silakan digigit saja apalagi dalam situasi krisis sekarang ini tidak boleh ada satupun yang main-main," ujar Jokowi.

2. Bansos Dibutuhkan Rakyat

Jokowi mengatakan, bantuan sosial (bansos) saat ini sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi di tengah pandemi saat ini. Oleh karena itu, dirinya menegaskan bahwa pejabat negara seharusnya menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi baik untuk APBN maupun APBD provinsi, kabupaten, dan kota.

3. Korupsi Uang Bansos?

Jokowi mengatakan, itu uang rakyat, apalagi terkait bansos, bantuan sosial dalam rangka penganganan covid dan pemulihan ekonomi nasional.

“Itu uang rakyat, apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat,” ujar Jokowi.

4. Jokowi Tunjuk Menteri PMK jadi Plt Mensos

Presiden Joko Widodo akan menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk melaksanakan tugas Menteri Sosial.

"Saya akan menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk melaksanakan tugas Menteri Sosial," ujar Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini