Musim Hujan, Begini 3 Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 470 2327224 musim-hujan-begini-3-cara-mengatasi-atap-rumah-bocor-4APt6MvFXd.jpg Cara Atasi Atap Rumah Bocor (Foto: Rumahku)

JAKARTA – Atap rumah bocor menjadi masalah yang tak jarang dialami banyak orang. Terlebih ketika memasuki musim penghujan, masalah kebocoran menjadi hal yang merepotkan. Hal ini menjadi perhatian penting, sebab dapat menggangu kenyamanan pemilik rumah.

Selain dapat membuat rumah menjadi ‘banjir’, atap yang bocor secara terus menerus juga dapat menyebabkan kerusakan. Mulai dari kerusakan pada atap, dinding, cat, hingga furnitur kayu seperti lemari atau meja.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Atap Kokoh dan Anti Bocor

Dilansir dari Bob Vila Jakarta, Senin (14/12/20), beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kebocoran pada atap rumah.


1. Temukan Kebocoran Atap

Jika menemukan bahwa ada bocor pada atap seperti melihat dari noda air di langit-langit, segera catat lokasi kebocoran. Kemudian pergilah ke luar rumah dan melihat menggunakan teropong atau mendekat ke atap untuk menemukan lokasi kebocoran. Perhatikan apakah ada atap yang retak atau hilang, sebab kebocoran dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

2. Ganti Atap yang Rusak atau Hilang

Jika atap retak atau rusak, maka perbaikan sederhana yang harus dilakukan adalah dengan menggantinya. Untuk mengganti atap yang rusak, angkat bagian tepi di sekitarnya dan lepaskan dengan hati-hati. Setelah itu, ganti dengan yang baru.

3. Perbaiki Flashing (Seng)

Untuk memperbaiki kebocoran yang disebabkan oleh flashing (seng) di sekitar atap, cukup segel kembali sambungan menggunakan caulking gun atau pistol mendempul yang diisi dengan semen atap. Jika melihat kerusakan pada sambungan yang sebelumnya ditutup dengan semen atap, maka aplikasikan kembali dengan lapisan yang baru menggunakan kape.

Jika sudah melakukan cara-cara tesebut namun kebocoran tetap terjadi, mungkin berarti sudah waktunya untuk memanggil petugas profesional memeriksa keadaan atap. Sebab, perbaikan itu tidak akan memperpanjang umur atap yang perlu diganti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini