Vaksin Covid-19 Angkat Harga Minyak ke Level USD50/Barel

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 320 2327773 vaksin-covid-19-angkat-harga-minyak-ke-level-usd50-barel-rrPvNgpwhq.jpg Vaksin Covid-19 Tiba di Kanada. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Harga minyak naik pada perdagangan Senin, di tengah harapan peluncuran vaksin virus corona yang akan mengangkat permintaan bahan bakar global. Minyak mentah Brent naik 32 sen atau 0,6% menjadi USD50,29 per barel, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik 42 sen atau 0,9% menjadi USD46,99 per barel.

Brent dan WTI telah menguat selama enam minggu berturut-turut, kenaikan mingguan terpanjang mereka sejak Juni.

Baca Juga: Sri Mulyani: Baru Pertama Kali dalam Hidup Saya, Harga Minyak Negatif

"Momentum harga telah melambat secara signifikan selama beberapa minggu terakhir dan sementara beberapa berita utama bullish baru atau tak terduga diperlukan untuk memajukan kompleks ke wilayah tinggi baru,"kata Presiden Ritterbusch and Associates, Jim Ritterbusch, dilansir dari CNBC, Selasa (15/12/2020).

Amerika Serikat mulai kampanye vaksinasi melawan Covid-19, sehingga mengangkat harapan bahwa pembatasan pandemi dapat segera berakhir dan mengangkat permintaan konsumen minyak terbesar dunia.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Indonesia Naik Jadi USD40,67 per Barel

“Minyak mentah Brent didukung oleh aliran finansial dan fisik. Dolar menurun, kurva minyak mentah Brent mundur dan vaksin sedang diluncurkan," kata Aalis Komoditas SEB Bjarne Schieldrop.

Hanya saja kenaikan harga minyak dibatasi karena tanda peningkatan pasokan telah membebani pasar. National Oil Corporation (NOC) mencatat

produksi minyak Libya mencapai 1,28 juta barel per hari atau naik dari 1,25 juta barel per hari pada akhir November.

Di Amerika Serikat, perusahaan energi menambahkan sebagian besar rig minyak dan gas alam dalam seminggu sejak Januari karena produsen terus kembali ke wellpad.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini