Penumpang Pesawat ke Bali Wajib Swab H-2, Garuda Indonesia: Itu Harus Dilakukan

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 15 Desember 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 320 2328002 penumpang-pesawat-ke-bali-wajib-swab-h-2-garuda-indonesia-itu-harus-dilakukan-ukcksbehrh.jpg Penumpang Pesawat Wajib Tes Swab H-2 Sebelum Berangkat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Penumpang pesawat yang akan terbang menuju Pulau Dewata, Bali, wajib tes swab H-2 sebelum keberangkatan. PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pun siap mengikuti aturan kebijakan tersebut.

"Kita kembali lagi sebagai operator selalu tunduk kepada apa yang ditentukan oleh regulator," ujar Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Irfan Setiaputra, di Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Irfan memastikan pihaknya tidak akan mengakali aturan tersebut. Dia menyambut positif aturan baru tersebut karena bertujuan agar penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan.

Baca Juga: Jelang Libur Akhir Tahun, 75.000 Tiket Garuda Sudah Dipesan

"Saya dan tim Garuda selalu ke lapangan dan kita melihat bahwa teman-teman yang melakukan perjalanan sangat-sangat menjaga protokol kesehatan selama perjalanan dan tentunya kita asumsikan mereka menjaga protokol ketika di tempat tujuan. Saya mewakili manajemen, bahwa itu harus dilakukan karena memakai masker itu bukan hanya kebaikan untuk pemakai masker tapi juga kebaikan untuk yang di sekelilingnya," tuturnya.

Baca Juga: Persiapan Garuda Indonesia Terbangkan Kembali Boeing 737 Max

Sebelumnya, Pemerintah mengeluarkan aturan baru bagi masyarakat yang akan berpergian pada libur Natal dan Tahun Baru 2021. Secara khusus bagi masyarakat yang akan berpergian ke Bali.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, untuk wilayah Provinsi Bali dan lainnya, diminta agar ada pengetatan protokol kesehatan di rest area, hotel, dan tempat wisata. Sebagai salah satu contohnya adalah wisatawan yang akan terbang ke Bali wahib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali.

Selain itu, bagi yang ingin melakukan perjalanan darat masuk Bali juga ada persyaratan khusus. Seperti misalnya wajib melakukN tes rapid antigen pada H-2 sebelum perjalanan.

“Kami minta untuk wisatawan yang akan naik pesawat ke Bali wajib melakukan tes PCR H-2 sebelum penerbangan ke Bali serta mewajibkan tes rapid antigen H-2 sebelum perjalanan darat masuk ke Bali,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini