Vaksin Covid-19 Gratis, Itama Ranoraya Pede Kinerja Tahun Depan Moncer

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 278 2329513 vaksin-covid-19-gratis-itama-ranoraya-pede-kinerja-tahun-depan-moncer-VWBTTtJWUk.jpeg Vaksin Covid-19 (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - PT Itama Ranoraya Tbk (IRRA) emiten yang bergerak di bidang peralatan dan perlengkapan medis optimis kinerja perusahaan pada tahun depan akan lebih baik. Apalagi, pada tahun depan akan dilakukan vaksinasi oleh pemerintah secara gratis.

Direktur Utama PT Itama Ranoraya Tbk Heru Firdausi Syarif mengatakan, dengan vaksin gratis maka pemerintah akan menanggung biaya vaksin tersebut. Sedangkan produk miliknya sudah banyak dibeli oleh rumah sakit milik pemerintah.

Baca Juga: Penjualan Jarum Suntik Naik, Itama Ranoraya Bukukan Laba Rp141,06 Miliar

“Produk kami banyak di beli pemerintah, seperti alat suntik, mesin plasma darah untuk rumah sakit, jadi sama dengan anggaran pemerintah akan naik untuk membeli alat kesehatan,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (17/12/2020).

Hingga September 2020, perseroan mencatat pendapatan Rp141,06 miliar atau tumbuh 9,4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontribusi pendapatan berasal dari Alat Kesehatan Non Elektromedik (Alat Suntik) yang tumbuh 19,3% (yoy) menjadi Rp33,14 miliar dan Produk Diagnostic In Vitro yang tumbuh sebesar 6,5% (yoy) menjadi Rp107,77 miliar.

 

Laba usaha tercatat Rp11,36 miliar atau tumbuh 31,8% dibandingkan priode yang sama tahun lalu Rp8,6 miliar. Sementara untuk perolehan laba bersih, tumbuh lebih tinggi lagi sebesar 46,4% menjadi Rp9,03 miliar.

Capaian positif perseroan di tahun ini, tidak lepas dari masuknya pesanan dari program penanganan Covid-19 di kuartal IV seperti penyediaan mesin plasma darah untuk 45 RS Rujukan Covid-19, pengadaan jarum suntik ADS untuk program vaksin dan terakhir pengadaan Swab Antigen Test.

Raihan pertumbuhan laba usaha dan laba bersih yang tinggi tersebut juga disertai peningkatan kualitas laba berupa peningkatan margin laba. Margin laba usaha dan laba bersih IRRA masing-masing meningkat sebesar 137 bps dan 162 bps menjadi 8,1% dan 6,4% di kuartal III-2020

Sementara total aset perseroan per 9M2020 tercatat sebesar Rp245,59 miliar , nilai aset tersebut mengalami penurunan karena penurunan liabilitas dan ekuitas perseroan. Penurunan nilai ekuitas perseroan disebabkan oleh kebijakan pembelian saham kembali (Buyback) yang dilakukan oleh perseroan di kuartal I – 2020.

Jumlah saham yang dibeli perseroan dalam program Buyback tersebut sebanyak 113.622.400 juta lembar dengan nilai pembelian sebesar Rp59,91 miliar.

“Pasca Covid sektor kesehatan akan banyak mengalami kemajuan signifikan tidak hanya sektor kesehatan tanah air namun juga secara global, untuk itu IRRA akan semakin memperbesar peran dan kontribusinya melalui transformasi” jelasnya

Direktur Pemasaran dan Penjualan IRRA Hendry Herman mengatakan, pihaknya akan melakukan beberapa transformasi. Seperti memasarkan swab antigen tes.

Swab Antigen Test dengan merk Panbio milik Abbott ini baru mulai dipasarkan di kuartal IV tahun ini. Selain produk Covid Swab Antigen Test, perseroan juga menambah produk kesehatannya berupa peralatan USG yang juga mendapat penerimaan yang sangat baik.

“Tahun ini, kami melengkapi produk kami dengan Produk Covid Swab Antigen Test, meskipun baru, kontribusinya sangat bagus dan tahun depan kontribusinya akan signifikan karena akan dipasarkan secara penuh,” ucap Hendry.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini