Ada Bank Syariah Indonesia, Bos BI Gembira

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 320 2329502 ada-bank-syariah-indonesia-bos-bi-gembira-CzfGpTu2G2.jpg Gubernur BI Perry Warjiyo (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyambut positif adanya Bank hasil penggabungan tiga bank syariah, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS). Perry mengaku gembira dengan adanya merger bank syariah Indonesia.

"Ini karena sebagaimana diketahui BI ini mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," kata Perry dalam video virtual, Kamis (17/12/2020).

Baca Juga: Muhammadiyah Kaji Tarik Seluruh Dana di Bank Syariah Indonesia 

Kata dia, dalam pilar pengembangan syariah itu bagaimana memperbesar kapasitas kemampuan dan bank-bank syariah di Indonesia. Serta merger ini komitmen pemerintah memperkuat perbankan syariah serta mempengaruhi daya saing dan pengembangan keuangan syariah.

"Ini inisiatif yang positif dan sejalan dengan master plan ekonomi syariah dan digariskan oleh komitmen nasional dan syariah," katanya.

 

Menurutnya, potensi di Indonesia sangat besar dan pengembangan ekonomi syariah di mana pembentukan industri halal dan demand permintaan syariah akan semakin besar.

"BI telah melakukan penguatan kebijakan moneter di bidang syariah," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membeberkan pengangkatan Hery Gunardi sebagai Direktur Utama Bank Syariah hasil merger. Hal itu disampaikan melalui akun Instagramnya @erickthohir.

Dalam keterangannya, baik Erick dan Hery mendatangi kediaman Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kedatangan tersebut untuk melaporkan hasil merger dan pengembangan tiga bank syariah plat merah. Ketiga bank tersebut adalah PT Bank BRIsyariah Tbk. (BRIS), PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dan PT Bank BNI Syariah (BNIS).

Baca Juga: Erick Thohir Sowan ke Ma'ruf Amin, Bahas Kelanjutan Merger 3 Bank Syariah

Dalam sesi pertemuan itu, Erick membeberkan jika Hery Gunardi lah sebagai dirut Bank Syariah BUMN. "Alhamdulillah, mendapat banyak masukan dan saran saat mengadakan pertemuan dengan Wapres @kyai_marufamin untuk melaporkan rencana kerja merger Bank Syariah bersama dengan Dirut Bank Syariah Himbara," tulis Erick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini