IHSG Anjlok Jelang Libur Natal, Yusuf Mansur: Pastikan Itu Duit Halal

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 278 2332958 ihsg-anjlok-jelang-libur-natal-yusuf-mansur-pastikan-itu-duit-halal-QJbagzAuJl.jpg IHSG (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami tren pelemahan. Setelah merosot 2,31% ke level 6.023,29 pada Selasa (22/12/2020), IHSG juga turun pada perdagangan hari ini jelang libur Natal ke level 6.008.

Terkait hal ini, Ustaz Yusuf Mansur turut memberi tanggapan. Melalui Instagram pribadinya, dia meminta masyarakat untuk tidak perlu panik menanggapi anjloknya IHSG.

“Jangan banyak khawatir, jangan banyak sedih, jangan banyak cemas, jangan mikir horror gitu loh. Laa tahzan udah jangan sedih. Innallaha ma'ana, karena Allah bersama kita semua,” ucap Ustaz Yusuf Mansur dalam video yang dipostingnya pada Rabu, (23/12/2020).

Baca Juga: IHSG Kehabisan Bensin ke 6.008 Jelang Libur Natal 

Yusuf Mansur mengatakan, cukup pastikan uang yang dipakai untuk trading atau bermain saham didapatkan dari cara yang halal.

“Pastiin aja, temen-temen main saham trading saham itu duitnya bener, duitnya halal, enggak nyakitin orang, niatnya baik, enggak nipu. Nanti kalau untung buat orangtua, keluarga, nafkah yang halal, barokah, dan sebaginya,” ujar Ustaz Yusuf Mansur.

Dia juga mengatakan, saat ini terjadi kepanikan di berbagai negara seperti Eropa, Inggris, karena tidak mengenal ‘Laa tahzan innallaaha ma'anaa’. Dia meminta masyarakat untuk tetap tenang.

“Kenapa mereka panik, dia ga kenal laa tahzan innallaaha ma'ana. Tenang, kalem gitu, beres. Jangan ikut-ikutan panik,” jelasnya.

Menurutnya, jika pasar saham turun, cukup didoakan saja. Dia meminta para investor terutama bagi pemula untuk tetap bertahan, sebab ia yakin keadaan Indonesia akan membaik.

“Kalau pasar dunia hancur, kita doain jangan diem aja. Di saat yang sama, di situlah kita mau kuat kan investor ritelnya, investor-investor pemula, anak muda, remaja. Udah pegangin aja, Indonesia pasti cakep,” tambahnya.

Dia yakin di tahun depan semuanya akan membaik dan tidak ada lagi kepanikan. Mulai dari pandemi covid-19 hingga anjloknya pasar saham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini