Tampil Prima saat Wawancara Kerja, Jangan Begadang!

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 622 2332751 tampil-prima-saat-wawancara-kerja-jangan-begadang-cfRo644EU9.jpg Wawancara Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA –  Setiap orang yang melamar pekerjaan pastinya akan melalui tahapan wawancara sebelum diterima dan mulai bekerja pada suatu perusahaan.

Tampil prima ketika proses wawancara berlangsung akan memberikan banyak manfaat untuk diri seseorang. Dengan begitu, alur wawancara dapat dikuasai sehingga pertanyaan yang diajukan dapat dijawab dan dijelaskan dengan maksimal.

Baca Juga: Ada Lowongan Kerja Nih di BUMN, Cek Syaratnya

Saat proses wawancara, pihak perusahaan akan menggali kompetensi pelamar kerja apakah layak untuk menjadi bagian dari perusahaannya. Jika tampil prima dan sangat meyakinkan, pekerjaan akan didapatkan dengan mudah dan perusahaan akan memberikan kepercayaannya,

Dikutip dari Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, Jakarta, Rabu (23/12/2020), berikut 5 tips tampil prima saat wawancara kerja.

1. Pandai Mengatur Waktu

Manfaatkan waktu menjawab pertanyaan wawancara semaksimal mungkin agar pewawancara dapat melihat kalau pelamarnya memiliki manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu sangat penting dalam dunia pekerjaan karena menyangkut pelaksanaan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga: BUMN Perkebunan Buka Lowongan Kerja, Ayo Segera Lamar

2. Jangan Lupa untuk Istirahat

Sebelum melakukan wawancara, istirahatlah yang cukup. Hal itu bertujuan untuk mengendalikan diri dari rasa lelah dan tegang yang berlebihan. Ketika memiliki waktu istirahat yang cukup, kondisi tubuh akan prima dan proses wawancara dapat dilalui dengan lancar.

3. Jangan Tidur Larut Malam

Jangan begadang ketika akan melakukan wawancara pada keesokan harinya. Begadang akan memberikan efek buruk berupa sulit berkonsentrasi. Jika konsentrasi menghilang saat wawancara, jawaban yang diberikan bisa saja menjadi kurang meyakinkan dan akan berbuntut penolakan dari pihak perusahaan.

 

4. Minum Vitamin agar Tetap Fit

Jangan lupa untuk meminum vitamin supaya membantu dalam menjaga kondisi tubuh menjadi fit. Tubuh yang fit akan memudahkan orang untuk berkonsentrasi penuh. Selain itu, aura tubuh yang ditampilkan juga akan terlihat positif.

5. Makan yang Cukup Sebelum Wawancara

Makanlah yang cukup sebelum wawancara agar perut menjadi terisi. Perut yang terisi akan membuat seseorang tidak gelisah dalam melakukan apapun. Selain itu, fokus dan konsentrasi saat menjalani tes wawancara akan dimiliki sehingga dapat menguasai alur wawancara dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini