Share

Persiapan BKN Gelar Seleksi CPNS 2021, Ini Tahapannya

Giri Hartomo, Okezone · Selasa 29 Desember 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335691 persiapan-bkn-gelar-seleksi-cpns-2021-ini-tahapannya-VPQXaAngbz.jpg CPNS 2021 (Foto: PANRB)

JAKARTA - Pemerintah memastikan akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2021. Hal tersebut mengingat jumlah kebutuhan pegawai untuk CPNS sudah sangat mendesak.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pihaknya memang sudah merencanakan untuk membuka seleksi CPNS 2021. Hal ini bahkan sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) untuk mengisi kebutuhan pegawai.

"Untuk seleksi CPNS 2021 ini memang kami merencanakan dengan Kemenpan untuk bisa melaksanakan karena memang ada kebutuhan untuk itu," ujarnya dalam acara konferensi pers virtual, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Siap-Siap Lowongan CPNS 2021, Begini Faktanya 

Namun menurut Bima, ada beberapa tahapan yang harus dijalani terlebih dahulu. Pertama adalah Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah harus menghitung ulang jumlah kebutuhan pegawainya di masing-masing instansi.

Penghitungan ini harus dilakukan untuk kebutuhan pegawai selama lima tahun ke depan. Kemudian, instansi tersebut harus membaginya ke dalam lima bagian.

"Namun demikian ada beberapa tahapannya harus dilakukan terlebih dahulu sebelum formasi CPNS itu dapat ditetapkan. Pertama tentu daerah atau instansi perlu menghitung ulang kebutuhan CPNS-nya untuk lima tahun," jelasnya.

Setelah itu, barulah kebutuhan formasi tersebut diserahkan kepada Kementerian PANRB. Setelah itu, Kemenpan RB bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan verifikasi untuk disesuaikan dengan kondisi riil yang ada di lapangan.

Lalu setelah sama, maka barulah BKN akan mengumumkan jumlah formasi yang akan dibuka pada CPNS 2021 mendatang. Ditargetkan, penghitungan dan pengumuman jumlah formasi CPNS 2021 bisa dilakukan pada Mei tahun depan.

"Hanya jika teman-teman instansi menyampaikan formasi kepada Menpan RB kami baru bisa menetapkan formasinya. Berapa jumlahnya," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini