Share

Tjahjo Kumolo Minta Jangan Iri Lihat Gaji PNS DKI Jakarta

Riezky Maulana, iNews · Selasa 29 Desember 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 320 2335714 tjahjo-kumolo-minta-jangan-iri-lihat-gaji-pns-dki-jakarta-zZsZ8WOXTr.jpg Menpan RB (Foto: Dok PANRB)

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menyebut pihaknya selalu diajak berdiskusi dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkaitan dengan membahas masalah penerimaan penghasilan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Diskusi ini termasuk usulan yang bagus dari Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menyubsidi dana pensiun. Adapun penghasilan para ASN, sambung Tjahjo antara lain gaji pokok dan berbagai macam tunjangan.

"Memang penghasilan yang diterima ASN, PNS saat ini meliputi berbagai hal, gaji pokok, tujungan yang melekat pada tunjungan keluarga, tunjangan jabatan baik fungsional struktural maupun umum. Ada juga tunjungan kinerja, ada juga honorium uang sidang, uang rapat yang saya kira bersifat opsional per kegiatan. Ada juga tunjungan khusus untuk PNS dalam kondisi tertentu," tuturnya dalam konferensi pers virtual Catatan Kinerja Akhir Tahun 2020, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Covid-19 Gagalkan Kenaikan Gaji PNS Rp9 Juta 

Dia menuturkan, komponen penghasilan di atas masih mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1977 tentang Perbaikan Penghasilan Pegawai Negeri Golongan I. Menurutnya, besaran nominal yang diterima ASN tergantung tingkatan jabatan, tingkatan pangkat, atau daerah penugasan.

"Jangan iri dengan DKI yang PAD-nya tinggi, jangan iri dengan daerah yang tunjangannya diterima Badung. Bali PAD-nya tinggi. Saya kira tunjangan kinerja ini sudah dievaluasi," ucapnya.

Tjahjo memastikan bahwa, gaji ke-13 sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap dilakukan sampai dengan tahun 2021. "Arahan presiden dan langkah-langkah dilakukan Menkeu memberikan gaji ke-13 terus dilakukan sampai 2021," ucapnya.

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini