6 Ide Menabung dengan Cara Mudah agar Tak Boros

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 622 2336184 6-ide-menabung-dengan-cara-mudah-agar-tak-boros-kf2zxGbBPr.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTAMenabung bagi sebagian orang, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Meski sadar akan pentingnya menabung, dalam praktiknya masih banyak orang yang belum mampu mendisiplinkan diri untuk menyisihkan penghasilannya.

Padahal, menabung sangat penting untuk mengantisipasi kesulitan keuangan yang mungkin saja terjadi di masa depan. Kebanyakan orang mengaku sulit menabung karena menganggapnya memiliki beban tersendiri.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Rabu (30/12/2020), tidak perlu melakukan perubahan gaya hidup yang drastis untuk meningkatkan jumlah tabungan. Cobalah tips mudah dan cepat berikut ini.

Baca Juga: Hati-Hati Iming Bunga Besar, Begini Tips Aman Menyimpan Uang di Bank

1. Buat Anggaran

Cara pertama dan yang paling penting adalah membuat anggaran. Membuat anggaran baik itu mingguan atau bulanan, dapat meningkatkan keuangan dengan mengurangi beberapa pengeluaran yang sebenarnya hanya membutuhkan sedikit dana.

2. Beli Bahan Pokok secara Online

Berbelanja online memang lebih menguntungkan bagi seluruh kalangan. Ini akan cocok untuk siapa saja yang suka barang diskon dan tidak suka harus sering-sering pergi ke toko bahan makanan.

Beli barang-barang yang sering diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya, kertas toilet, sabun, deterjen atau lainnya. Kemudian pilih pengiriman reguler dan gratis. Akan lebih baik jika menemukan barang yang didiskon.

 

3. Taruh Uang Kembalian di Toples

Uang receh kembalian biasanya disimpan di dompet atau tas. Tapi, kemungkinan besar akan dihabiskan atau bahkan hilang terselip di bagian dalam mobil atau bantal sofa.

Memasukkan uang receh ke dalam toples, dapat mencegah pengeluaran yang sembarangan. Dengan begitu, seseorang akan memiliki simpanan yang sehat dan ketika jumlahnya sudah banyak dapat disimpan di bank.

4. Otomatiskan Tabungan

Ketika hari gajian tiba, sebagain besar orang mungkin lebih boros menghabiskan uang. Maka demi kesejahteraan keuangan, perlu untuk membangun tabungan sebelum uang tersebut habis.

Minta bos atau atasan untuk menyetorkan gaji secara otomatis, sehingga dapat mengatur transfer otomatis ke rekening tabungan. Ini akan menjamin sejumlah uang tunai akan dikeluarkan pada setiap periode pembayaran.

5. Lakukan Pekerjaan Sampingan

Menghasilkan uang tambahan tidak selalu memakan waktu atau merepotkan. Misalnya, dapat mengikuti survei online dengan waktu yang disesuaikan dengan diri sendiri. Dengan melakukan hal yang mudah tersebut akan membantu menambah tabungan.

6. Beralih ke Generik

Kebanyakan orang membayar obat bebas dengan harga lebih mahal karena memiliki merek ternama. Hal yang sama berlaku untuk sekotak sereal atau toples selai kacang. Faktanya, merek rumahan generik sering kali dibuat dari bahan yang sama dengan produk bermerek, hanya saja tidak memiliki label mewah.

Maka, cobalah beralih dari produk bermerek ke produk rumahan generik. Sebab, bisa mendapatkan kualitas yang sama dan menghemat lebih banyak uang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini