Hati-Hati Iming Bunga Besar, Begini Tips Aman Menyimpan Uang di Bank

Kunthi Fahmar Shandy, Jurnalis · Senin 14 Desember 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 622 2327456 hati-hati-iming-bunga-besar-begini-tips-aman-menyimpan-uang-di-bank-7zbRIx5SS7.jpg Rupiah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga kini masih terus meningkatkan literasi keuangan dan mengedukasi masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat memahami risiko saat menabung atau saat mendapat tawaran bunga sangat tinggi dari bank tempat mereka menyimpan uangnya.

"Misalnya ada masyarakat yang diberi bunga jauh lebih tinggi dari bunga yang dijamin LPS, yaitu 4,5% lalu dia diberi bunga 10% langsung menerima saja, padahal bunga sebesar ini tidak dijamin oleh LPS. Biasanya yang seperti ini tabungannya tidak akan berkesinambungan. Kami juga mengimbau bank untuk tidak memberi bunga dan harapan yang berlebihan," ujar Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa di Jakarta, Senin (14/12/2020).

Baca Juga: Alokasikan untuk Menabung, Kaum Sebat Harus Tahan Tak Merokok

Adapun jenis-jenis simpanan yang dijamin LPS adalah tabungan, deposito, giro dan produk-produk simpanan lain, termasuk yang disimpan di bank-bank syariah. Saat ini jumlah simpanan yang dijamin oleh LPS adalah Rp2 miliar per nasabah per bank.

Yang harus diingat, sambung Purbaya, nasabah yang dijamin oleh LPS harus mengandung unsur 3T. Pertama, tercatat dalam pembukuan bank, Kedua, tingkat bunga diperoleh tidak melebihi bunga yang dijamin LPS, dan ketiga tidak ikut menyebabkan bank tersebut menjadi bank gagal, misalnya memiliki kredit macet.

Purbaya pun menjelaskan ada beberapa tips menyimpan uang di bank seperti rutin memeriksa saldo tabungan di bank.

"Dengan cara mencetak buku tabungan secara periodik hal ini dapat mengurangi kemungkinan ketidakcocokan catatan kita dengan bank," ungkap dia.

Lalu selalu cek bunga LPS di website resmi LPS dan di bank, selanjutnya minta ke bank agar bunga yang diberikan tidak melebihi bunga penjaminan LPS. Ketiga, tidak punya kredit macet, dengan cara membayar tepat waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini