Vaksinasi Covid-19 Game Changer Pertumbuhan Ekonomi 2021

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 320 2338372 vaksinasi-covid-19-game-changer-pertumbuhan-ekonomi-2021-s4WBmwLCz7.jpg Vaksinasi Virus Corona Dilakukan 2021. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa program vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara gratis kepada seluruh masyarakat. Vaksinasi ini pun akan terus berlanjut hingga kuartal I-2022.

Airlangga menilai, kehadiran vaksin Covid-19 sekaligus menjadi game changer pada ekonomi Tanah Air. Diharapkan, vaksinasi bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat untuk bisa beraktivitas dengan normal kembali.

Baca Juga: Sri Mulyani Ramal Ekonomi Indonesia 2020 Bisa Minus 2,2%

"Arahan Pak Presiden terkait gas dan rem (kebijakan) soal pandemi Covid-19, tentu melalui vaksinasi yang menjadi game changer. Kita akan berikan gratis dan akan terus berlanjut hingga kuartal I-2022," ujar Airlangga dalam acara Pembukaan Perdagangan BEI Tahun 2021, Senin (4/1/2021).

Baca Juga: Pengusaha Ramal Ekonomi Indonesia Masih Berjuang Lawan Resesi

Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, Indonesia saat ini telah mengamankan sebanyak 3 juta dosis vaksin dari Sinovac dan sudah disebar ke beberapa daerah di Indonesia. Diharapkan, vaksinasi massal bisa dimulai pada pertengahan Januari 2021 ini.

"Ini tinggal menunggu emergency use authorization dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) dan jaminan kehalalannya," kata dia.

Selain itu, dia juga berharap data sains yang diperlukan demi keperluan penerbitan emergency use authorization ini akan segera selesai. Beberapa penelitian telah dilakukan dari berbagai daerah seperti Bandung, Indonesia, Turki, dan sebagain wilayah di Brazil.

Beberapa negara sudah memberikan izin emergency use authorization tersebut untuk vaksin-vaksin yang juga akan digunakan Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan keamanan dan kualitasnya.

"Beberapa negara sudah memberikan emergency use authorization terhadap vaksin2 yang dipesan di Indoneeia antara lain vaksin Sinovac, Pfizer, Astrazeneca, Novavax dan Gaffi, jadi kita mengadakan multi solve daripada vaksin dan vaksin ini akan diberikan gratis untuk masyarakat," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini