Penyerapan Tenaga Kerja Diprediksi Meningkat, Ini Faktornya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 320 2343572 penyerapan-tenaga-kerja-diprediksi-meningkat-ini-faktornya-mmvXt84Idy.jpg Penyerapan Tenaga Kerja Tahun Ini Diprediksi Meningkat. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memproteksikan penyerapan tenaga kerja akan berlanjut pada triwulan I-2021. Hal ini seiring membaiknya kondisi dunia usaha pada triwulan IV-2020.

Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, membaikanya perkiraan tenaga kerja terjadi pada seluruh sektor antara lain sektor jasa-jasa dan sektor perhotelan dan restoran.

Baca Juga: Budaya K3 Sudah 50 Tahun, Menaker: Kecelakaan Kerja di RI Relatif Tinggi

"Seluruh sektor antara lain sektor jasa-jasa dan sektor perhotelan dan restoran yang tercatat mengalami kinerja positif," ujar Erwin di Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Sedangkan, pada triwulan IV realisasi investasi dari kegiatan dunia usaha menurun dengan saldo bersih tertimbang (SBT) sebesar minus 1,48%. Terkontraksi lebih dalam dari triwulan ketiga.

Baca Juga: Wajib WFH 75%, Menaker Pantau Pembatasan Kegiatan di Perkantoran

Dia mengatakan, kontraksi realisasi investasi pada dunia usaha terkontraksi keseluruhan sektor.

"Seluruh sektor terkontrkasi cukip dalam dari pertambangan pertambangan dan penggalian," katanya.

Kata dia, optimisme konsumen bisa terjaga pada tahun 2021. Hal ini tercemin dari prakiraan invedtasi yang tumbuh positif pada SBT sebesar 3,8%. Didorong oleh pertumbuhan mayoritas sektor.

"Investasi akan pulih di smester 1 nanti, terlihat dari sektor keuangan, real estate daj jasa perusahaan pertaniaan perkebunan dan peternakan serta kehutanan dan perikanan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini