7 Fakta Bansos Tunai Rp300 Ribu Sudah Cair, Netizen Masih Saja Mengeluh

Fadel Prayoga, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 17 320 2345967 7-fakta-bansos-tunai-rp300-ribu-sudah-cair-netizen-masih-saja-mengeluh-36hpVZA852.jpg Rupiah (Okezone)

JAKARTA - Kementerian Sosial sudah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) pada awal Januari 2021 lalu. Nilai bantuan yang diterima setiap bulannya sebesar Rp300.000.

Terkait hal itu, Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik untuk diulas, Jakarta, Senin (18/1/2021).

 Baca juga: Cerita Penerima BLT Subsidi Gaji yang Cair saat Dikarantina di Wisma Atlet

1. Jumlah Penerima Ditargetkan 10 Juta Orang

BST disalurkan melalui PT Pos Indonesia selama empat bulan, pada Januari, Februari, Maret dan April. Bansos tunai ditargetkan jumlah penerimanya sebanyak 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

2. BST 2021 Total Anggarannya Capai Rp12 Triliun dan Penyaluranya Melalui PT Pos Indonesia

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM dengan total anggaran Rp12 triliun. Penyalurnya melalui PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan Rp300 ribu/KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

 Baca juga: Menanti BLT Gaji 2021, Netizen Malah Galau

3. Mau Cairin Bansos Tunai Rp300.000? Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini

Setiap penerima bantuan sosial akan menerima undangan paling lambat H-1 sebelum pelaksanaan distribusi dan undangan disampaikan oleh kasatpel sosial hingga RT RW untuk selanjutnya diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Setelah sampai di lokasi distribusi BST, penerima manfaat diwajibkan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan serta mengecek suhu tubuh dan menjaga jarak di dalam maupun di luar ruangan distribusi BST.

Kemudian, penerima BST wajib membawa undangan, KTP dan Kartu Keluarga (asli dan fotocopy). Jika mereka berhalangan hadir sesuai dengan jadwal pendistribusian, maka penerima akan diundang kembali pada undangan kedua hingga undangan ketiga yang dilakukan setelah distribusi pertama selesai.

4. 1.055.216 Orang Jakarta Menerima BST Rp300 Ribu

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan, besaran BST DKI Jakarta sebesar Rp300 ribu per bulannya. BST ini akan diberikan selama empat bulan, mulai dari Januari hingga April 2021.

"BST tersebut disalurkan melalui rekening dan diberikan dalam bentuk Kartu Tabungan dan Kartu ATM Bank DKI," kata Herry di Jakarta.

BST akan disalurkan kepada 1.055.216 penerima manfaat secara bertahap dan bergiliran dari satu wilayah administrasi DKI Jakarta ke wilayah administrasi lainnya. Terdapat 160 titik lokasi penyaluran dari masing-masing wilayah kota administrasi DKI Jakarta.

5. Februari, BST Rp300 Ribu Cair Lagi

 

Kementerian Sosial telah menetapkan beberapa kebijakan dalam program bansos, dan bantuan akan kembali dicairkan pada Februari 2021.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, akan ada mekanisme laporan yang lebih detail dan telah diperbarui dalam Bantuan Sembako pada bulan Februari.

"Sehingga tidak ada lagi pihak-pihak yang memotong atau menyelewengkan bantuan," kata Mensos seperti dikutip lama Instagram Kemensos di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

6. Netizen Serbu Kemensos: Kok Bansos yang Dapat Malah Orang Punya Mobil dan Sawah?

nstagram Kementerian Sosial RI (Kemensos) dikepung netizen. Mereka menanyakan soal kapan tiga bansos akan disalurkan kembali ke seluruh masyarakat Indonesia.

Kemensos melalui media sosialnya menyosialisasikan 3 jenis bansos yang akan disalurkan serentak kepada seluruh masyarakat se-Indonesia, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Hal itu memicu para netizen menyerbu kolom komentar Instagram resmi milik Kemensos untuk bertanya bagaimana kriteria dan cara mendapatkannya.

“Cuma pengen tanya, kriteria yang dapat PKH itu yang bagaimana sih?? Di tempat saya yang dapat yang ekonominya lumayan mampu..punya rumah layak, usaha lancar, punya mobil, sawah juga, dan itu sebagian besar.. adilkah??” tulis akun @fitri_advent pada kolom komentar instagram Kementerian Sosial yang dikutip Okezone, Selasa (5/1/2021).

“Izin tanya min, ayah saya tukang becak, ibuk saya ART, tapi kok ga dapet PKH ya? Malah yang dapet tetangga yg punya sawah… Mohon jawaban min…” tulis akun salimmuzakki29.

7. Bansos Tunai Rp300.000 Cair, Netizen: Zaman Digital Kenapa Harus Antre?

Kementerian Sosial telah menetapkan beberapa kebijakan dalam program bantuan sosial (bansos) pada 2021. Bansos tunai sudah cair pada Januari, dan akan dicairkan lagi pada Februari 2021.

Penyaluran bansos tersebut dalam bentuk tunai sebesar Rp300 ribu.Proses seperti itu mendapat kritikan dari salah satu netizen karena dinilai tak mengikuti perkembangan zaman.

"Gua termasuk warga yang dapat bansos Rp300 rebu dari pemerintah. Alhamdulillah bgt dan makasih buat pemerintah RI. Tapi jaman udah digital gini, bansos masih harus antri. Kan bisa ditransfer lebih simpel," tulis akun Twitter @ItsAlfin yang dikutip Okezone, Selasa (12/1/2021).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini