Anggaran Pendidikan Rp550 Triliun, Sri Mulyani: Ada Bansos dan Beasiswa

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 320 2348957 anggaran-pendidikan-rp550-triliun-sri-mulyani-ada-bansos-dan-beasiswa-cO4bh9DaGl.jpeg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah menyiapkan anggaran pendidikan Rp550 triliun. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, anggaran tersebut bakal dipakai untuk anak sekolah yang tidak mampu dalam mendapatkan beasiswa.

"Itu baik itu dalam bentuk bantuan sosial maupun bantuan bagi anak-anak didik yang tidak mampu dalam bentuk beasiswa,” kata Menkeu dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Kabar Gembira, Sri Mulyani Guyur Rp408 Triliun untuk BLT

Selanjutnya, sektor pendidikan, infrastruktur, serta teknologi informasi dan komunikasi (ICT) juga menjadi fokus pemerintah pada tahun 2021.

"Kita juga akan terus mendorong pembangunan kembali infrastruktur secara berkelanjutan, termasuk infrastruktur jalan dan infrastruktur ICT, Rp417 triliun untuk infrastruktur dan untuk ICT Rp26 triliun,” tukasnya.

Baca Juga: Lansia Terima BLT Rp2,4 Juta, Simak Caranya di Sini

Dia menambahkan, penanganan Covid 19 tahun 2021 diperkirakan membutuhkan anggaran hingga Rp61,8 triliun. Angka tersebut masih akan bisa berubah dengan adanya ketidakpastian terhadap peningkatan jumlah kasus dan juga keinginan pemerintah untuk mengamankan supply vaksin Covid 19.

Meskipun vaksin telah tersedia, masyarakat diharapkan tetap patuh terhadap protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak) dan menghindari 3C (closed spaces, crowded places, close-contact setting). Pemerintah juga tetap berkomitmen akan melakukan 3T (testing, tracing, treatment).

“Maka kalau itu dilakukan, kita boleh berharap bahwa perekonomian akan pulih kembali karena masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas, mobilitas, dan itu berarti kegiatan konsumsi, investasi, ekspor akan bisa meningkat,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini