6 Tips Dapatkan Pencahayaan yang Baik di Ruang Makan

Reza Andrafirdaus, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 470 2348910 6-tips-dapatkan-pencahayaan-yang-baik-di-ruang-makan-XaBDUQ2FOA.jpg Ruang Makan (Foto: styleathome)

JAKARTA - Ruang makan merupakan salah satu area sosial untuk berkumpul dalam rumah sambil menikmati santapan yang tersedia. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk memiliki pencahayaan yang baik agar menjadi ruang makan yang nyaman dan hangat.

Pencahayaan ruang makan harus diperhatikan ketika seseorang mendekorasi dan mendesain ruang makannya. Hal ini dapat sangat mempengaruhi seluruh suasana ruangan, memberikan keluarga dan tamu waktu yang baik sambil menikmati makanan lezat mereka.

Dilansir dari Home Design Lover, Jakarta, Sabtu (23/1/2021), ruangan dengan pencahayaan yang baik, dalam hal ini adalah ruang makan, akan memberikan suasana tambahan pada area tersebut.

Baca Juga: 8 Cara Menata Ruang Makan Mungil agar Tampak Luas 

Oleh karena itu, berikut ini telah dirangkum 6 tips untuk memiliki pencahayaan yang baik pada ruang makan.

1. Miliki Sumber Cahaya yang Bervariasi

Alih-alih mencoba menerangi ruang makan dengan hanya menggunakan satu sumber cahaya, terangi menggunakan berbagai sumber. Memiliki berbagai jenis lampu di ruang makan dapat berfungsi sebagai dekorasi tambahan untuk ruang tersebut.

Selain itu, jika hanya memiliki satu lampu, di atas kepala, sebagai sumber cahaya, akan membuat ruangan terlalu terang sehingga tidak nyaman. Jadi, hindari pancaran cahaya yang membuat silau dengan menggunakan beberapa lapisan cahaya.

2. Memiliki Lampu Gantung

Ruang makan dalam rumah bisa menggunakan lampu gantung sebagai focal point. Letakkan di tengah ruangan untuk itu mendefinisikan ruang. Namun, pastikan memilih lampu gantung yang tepat untuk ruang makan. Pilih lampu gantung dengan diameter 12″ kurang dari lebar meja dan alasnya harus 30 30 di atas meja.

3. Coba Gunakan Saklar Peredup

Ruang makan merupakan salah satu tempat berkumpul. Saklar peredup bisa digunakan untuk menciptakan suasana yang berbeda dan untuk berbagai tujuan dalam menggunakan area tersebut.

Jika mengadakan pesta makan malam yang intim, cahaya bisa diredupkan. Kemudian, ketika sedang bekerja di atas meja, cahaya bisa diterangkan di area tersebut.

4. Tempatkan Scone Dinding

Beberapa pemilik rumah menempatkan scone dinding tidak hanya untuk menambah dekorasi, tetapi untuk menambah drama pada ruang makan.

Seseorang bahkan dapat memiliki makan malam romantis dengan meredupkan lampu dan menyalakan sconce dinding saja. Dengan cara ini, suatu area akan tetap terang dan akan dapat memiliki suasana yang benar-benar romantis.

5. Pencahayaan Tersembunyi

Jika ingin memberi fokus pada objek wall art dan pajangan lainnya, menggunakan pencahayaan tersembunyi atau track lighting bisa dimanfaatkan. Jenis lampu ini dapat memancarkan cahaya ke area yang ingin disorot. Bahkan, bisa memberi efek menyenangkan pada area tersebut.

6. Gunakan Lampu Fluorescent

Miliki ruang makan yang cukup terang dengan menggunakan lampu fluorescent. Lampu ini dapat memberikan banyak cahaya bagi mereka yang sedang makan. Pilih dimmer agar ruangan bisa fleksibel untuk segala kesempatan. Dimmer bisa bekerja dengan baik sebagai pencahayaan overhead.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini