5 Tips Menghemat Uang untuk si Boros saat Belanja

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2021 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 622 2348913 5-tips-menghemat-uang-untuk-si-boros-saat-belanja-E4uVLPnxcx.jpg Belanja Online (Foto: Shutterstock)

JAKARTA Belanja merupakan kegiatan yang disukai hampir semua orang. Namun tanpa disadari, sebagian banyak orang sering menjadi boros saat belanja. Padahal kebiasaan belanja berlebihan dapat membuat pengelolaan uang menjadi buruk.

Meski begitu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghemat uang saat berbelanja, baik itu secara online maupun pergi ke toko. Ini akan membantu melakukan upaya penghematan demi mencapai kestabilan keuangan.

Dilansir dari Real Simple Jakarta, Sabtu (23/1/2021), berikut ini beberapa trik cerdas yang dapat membantu menghemat lebih banyak uang saat berbelanja.

1. Gunakan Aplikasi untuk Cek Harga

Saat ini, hampir semua toko-toko (terutama yang besar) memiliki aplikasi sendiri. Sebelum pergi ke toko yang akan dikunjungi, gunakan aplikasi toko tersebut untuk memeriksa harga barang yang diinginkan secara real time.

Baca Juga: 8 Cara Membiasakan Diri Menabung Lebih Banyak Uang 

2. Gunakan Aplikasi untuk Lebih Hemat

Selain untuk memeriksa harga secara real time, aplikasi juga dapat meningkatkan upaya penghematan. Biasanya melalui aplikasi toko menawarkan berbagai promo, mulai dari potongan harga, pengembalian uang (cashback), atau poin-poin yang bisa ditukarkan dengan kartu hadiah (voucher).

3. Pertimbangkan Kartu Kredit

Pikirkan baik-baik tentang penggunaan kartu kredit. Terkadang, toko akan memberikan potongan harga atau cashback jika pembayaran dilakukan menggunakan kartu kredit. Ini akan membantu menghemat uang lebih banyak.

4. Berbelanja Menggunakan Voucher

Beberapa toko biasanya akan memberikan kartu hadiah (voucher) jika total belanjaan mencapai jumlah tertentu. Simpan voucher tersebut untuk mendapatkan potongan harga di belanja berikutnya.

5. Tandai Kalender Hari Diskon

Biasanya, toko-toko memiliki tanggal tertentu untuk melakukan sale (obral). Tandai kalender untuk memastikan tidak terlewat mendapatkan diskon pada barang yang ingin dibeli. Berbelanja di tanggal-tanggal sale akan menghemat lebih banyak uang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini