Mengintip Prospek Sektor Konsumer di Pasar Modal

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 08 278 2358408 mengintip-prospek-sektor-konsumer-di-pasar-modal-SzoAfzwEvT.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Saham sektor Konsumer masih dapat dikoleksi secara selektif untuk jangka panjang. Hal ini dikarenakan pergerakan sektor tersebut mulai mengalami penurunan.

Pengamat Pasar Modal Oktavianus Audi mengatakan, emiten konsumer masih bisa survive di tahun lalu meski ada kendala dari pelemahan daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19.

 Baca juga: Emiten Rokok 'Ngebul' di Tengah Corona karena Banyak Orang Stres

"Untuk posisi sekarang yang bisa survive dari beberapa emiten yang sudah melaporkan keuangan pada kuartal IV 2020 kemarin justru sektor konsumer yang masih mempunyai posisi yang cukup bagus walaupun terjadi penurunan," ujarnya pada Market Opening IDX Channel, Senin (8/2/2021).

Menurut dia, meski pergerakan saham emiten konsumer masih melambat namun saham sektor ini bisa dikoleksi untuk jangka yang panjang. Dia merekomendasikan untuk emiten konsumer seperti PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) boleh dibeli untuk jangka menengah dan panjang karena momentumnya cukup bagus.

 Baca juga: Presiden Jokowi Sempat Khawatir Covid-19 Serang Pasar Modal

"Ketika nanti sudah ada recovery ekonomi harusnya penjualan meningkat kembali dan posisinya bisa lebih tinggi dari tahun ini bahkan dari tahun sebelumnya," tuturnya.

Dia merekomendasikan UNVR untuk level target 8.000 hingga 8.100 dalam waktu beberapa bulan hingga satu tahun.

"UNVR masih mengalami penurunan tapi untuk level target saat ini masih 8.000-8,100 itu range lumayan dari harga 7.200," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini