Cara Aman Bertransaksi dengan Kartu Kredit

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Kamis 11 Februari 2021 05:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 622 2359570 cara-aman-bertransaksi-dengan-kartu-kredit-4tQTfbKV9c.jpg Cara Aman Transaksi Kartu Kredit. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Transaksi kartu kredit sebagai alat pembayaran tentu perlu diperhatikan. Pasalnya, adanya kartu kredit terkadang terlena dan lupa bahwa mereka harus berhati–hati dalam menggunakannya.

Apalagi dengan semakin tinggi kriminalitas dan penipuan kartu kredit. Untuk itu, perhatikan penggunaan kartu kredit saat melakukan transaksi baik secara langsung maupun online.

Baca Juga: 10 Tanda Utang Kartu Kredit Sudah di Luar Kendali

Mengutip dari buku Tips & Trik Kartu Kredit karya Aep S. Hamidin, Kamis (11/2/2021), berikut tips aman transaksi dengan kartu kredit.

Pertama, jika bertransaksi langsung, pastikan kartu digesek satu kali dengan nominal yang benar. Seandainya ada kesalahan, hendaknya transaksi tersebut divoid dengan benar.

Baca Juga: 7 Strategi Lunasi Utang Kartu Kredit Berbunga Tinggi

Kedua, hindari bertransaksi dengan kartu kredit di toko yang sepi, dan sebaiknya menggunakan cash. Terlebih jika di mesin EDC terhubung dengan skimmer (alat penyadap data).

Ketiga, hati-hati jika melakukan transaksi tidak langsung, seperti transaksi melalui online. Sebaiknya pastikan situs terkait valid dan aman. Serta saat transaksi telemarketing (via telepon) jangan memberikan 3 digit angka di belakang kartu kredit atau data yang lain.

Keempat, berhati-hati saat sedang transaksi, kartu kredit dibawa ke tempat lain untuk digesek. Sebab akan sangat berisiko kartu dibobol.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini