5 Fakta Dino Patti Djalal Kena Mafia Tanah, Sofyan Djalil Siap Pecat Anak Buahnya

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 14 Februari 2021 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 470 2361474 5-fakta-dino-patti-djalal-kena-mafia-tanah-sofyan-djalil-siap-pecat-anak-buahnya-Vi7lZR88BR.jpg Dino Patti Djalal Jadi Korban Mafia Tanah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus melakukan penyelidikan terkait kasus mafia tanah yang menimpa Penasihat Kemenparekraf, Dino Patti Djalal. Meskipun, kasus tersebut merupakan penipuan dan pemalsuan.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait kasus Dino Patti Djalal yang terkena penipuan oleh mafia tanah, Minggu (14/2/2021):

1. Kata Menteri Sofyan Djalil

Menteri ATR atau Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan, akan memeriksa keterlibatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) dalam kasus pemalsuan sertifikat rumah milik ibu Dino Patti Djalal. Jika nantinya PPAT terbukti terlibat dan lalai dalam proses transaksi tanah yang terjadi, maka akan diambil tindakan pendisiplinan.

Baca Juga: Kasus Dino Patti Djalal, Jangan Sembarang Kasih Sertifikat Tanah Ya

"PPAT yang terlibat akan diinvestigasi, kalau tidak hati-hati akan ambil tindakan hukum disiplin ke PPAT tersebut," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual.

2. Sofyan Djalil Akan Pecat Kepada Pejabat Main Mafia Tanah

Sofyan Djalil menambahkan, pihaknya bahkan tidak segan-segan untuk melakukan pemecatan kepada pejabat PPAT jika terbukti terlibat. Langkah ini dilakukan dalam rangka mewujudkan komitmen pemerintah untuk memberantas mafia tanah di Indonesia.

Baca Juga: Menteri ATR Blokir Sertifikat Ibunda Dino Patti Djalal

“Yang paling penting saya tegaskan, kalau PPAT terlibat akan saya hukum keras sekali sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kalau dia bagian dari mafia, akan diperiksa segera, kalau perlu kita pecat,” jelasnya.

3. Masih Banyak Mafia Tanah Berkeliaran

Kasus pemalsuan sertifikat tanah yang terjadi pada ibu Dino merupakan bukti masih banyak mafia tanah yang berkeliaran di masyarakat. Meskipun sudah banyak yang ditangkap dan dijatuhi hukuman.

"Menyadarkan kita semua bahwa sertifikat tanah harus kita jaga, mafia tanah masih juga ada," ucap Sofyan.

4. Sofyan Djalil Minta Masyarakat Jaga Sertifikat Lahan

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil meminta kepada masyarakat tetap waspada terutama untuk mafia tanah masih banyak berkeliaran.

Menurut Sofyan, masyarakat harus ekstra hati-hati dalam menjaga sertifikat lahan atau tanahnya. Sehingga kasus penipuan seperti yang dialami oleh Penasihat Kemenparekraf, Dino Patti Djalal tidak terjadi lagi.

"Menyadarkan kita semua bahwa sertifikat tanah harus kita jaga, mafia tanah masih juga ada," ucap Sofyan dalam konferensi pers virtual.

5. Mafia Tanah yang Berkeliaran Merupakan Mantan Residivis

Menurut Sofyan, beberapa mafia tanah yang masih berkeliaran merupakan mantan residivis. Di mana sebelumnya pernah dijatuhi hukuman dari tindak pidana yang sama yakni penipuan atau mafia tanah.

"Tapi biasanya penjahat residivis, sudah pernah ditangkap sebelumnya," ucapnya.

Menurut Sofyan Djalil, para mafia tanah memiliki banyak akal untuk bisa mengelabui korbanya. Misalnya saja kasus yang terjadi pada ibunda dari Dino Patti Djalal, di mana pelakunya menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini