Banjir di Jakarta Bikin Rupiah Takluk Lawan Dolar AS

Ferdi Rantung, Jurnalis · Senin 22 Februari 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 320 2366355 banjir-di-jakarta-bikin-rupiah-takluk-lawan-dolar-as-jwEqegj5x9.jpg Rupiah Melemah terhadap Dolar AS. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ditutup melemah. Rupiah melemah 52 poin atau 0,37% menjadi Rp14.117 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan bahwa salah satu penyebab Rupiah melemah adalah banjir yang menggenang Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya. Sehingga pemulihan ekonomi menjadi terganggu.

Baca Juga: Rupiah Melemah ke Rp14.098 di Awal Pekan

"Selain kerugian ekonomi dan terhambatnya aktivitas masyarakat, banjir juga berpotensi menimbulkan penyakit lain serta peningkatan risiko penularan Covid-19 di berbagai tenda pengungsian," Katanya di Jakarta, Senin (22/2/2021). 

Selain itu, kata Ibrahim, tingkat kasus positif Covid-19 di dalam negeri juga masih berada di ambang mengkhawatirkan.

Baca Juga: Rupiah Dibuka Melemah di Rp14.072/USD

Di Indonesia jumlah kasus Covid-19 cenderung menurun. Hanya dalam waktu dua minggu kasus infeksi harian drop lebih dari 30%. Namun hal ini lebih diakibatkan oleh penurunan jumlah tes yang dilakukan.

"Positivity rate Covid-19 secara nasional masih di atas 25%. Jauh dari ambang batas aman versi WHO yang dipatok di 5%," ujarnya

Tak hanya itu, progress vaksinasi juga berjalan dengan lambat. Sudah satu bulan berlangsung, jumlah dosis vaksin yang telah disuntikkan ke masyarakat baru 1 juta. Padahal angka tersebut adalah target harian pemerintah jika ingin mencapai herd immunity dalam kurun waktu satu tahun.

"Dengan kondisi data eksternal dan internal yang kurang mendukung, mengakibatkan arus modal asing kembali keluar dari pasar finansial dalam negeri, sehingga wajar kalau mata uang garuda kembali melemah," ujarnya. 

Untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup melemah di rentang Rp.14.110 - Rp.14.160.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini