Wapres Minta BSI Bantu Bisnis Syariah di Indonesia

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 320 2368174 wapres-minta-bsi-bantu-bisnis-syariah-di-indonesia-qY6bTfUsuz.jpg Wapres Minta BSI Bantu Bisnis Syariah di Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk bisa menjadi motor penggerak ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air. Hal ini sesuai dengan empat fokus yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 28 Tahun 2020 tentang KNEKS.

Salah satu caranya dengan mendorong muncul dan berkembangnya usaha syariah. Dengan semakin berkembang dan banyaknya pelaku usaha syariah diharapkan bisa mendongkrak ekonomi.

Baca Juga: Pesan Wapres untuk BSI: Kalian Bukan Lagi Bank Syariah Mandiri atau BRI Syariah

“Khusus untuk fokus yang keempat yaitu pengembangan dan perluasan usaha syariah, saya berharap BSI juga berperan aktif untuk mendorong muncul dan berkembangnya para pengusaha yang bergerak dalam bisnis syariah,” ujarnya dalam acara Rakernas BSI, Kamis (25/2/2021).

Apalagi, sebagai negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial untuk perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Meningkatnya halal awareness belakangan ini juga menumbuhkan industri halal lainnya di antaranya halal food, halal fashion, halal healthcare, halal travel, dan lain-lainnya.

Baca Juga: 'The Indonesia Economic Club' Live di iNews Malam Ini Pukul 20.30: Wajah Baru Bank Syariah

“Ini semua merupakan peluang yang harus ditangkap oleh BSI,” jelasnya.

Menurut Wapres, ekonomi dan keuangan syariah merupakan pilihan bagi mereka yang ingin menerapkan prinsip syariah dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi. Oleh karena itu, BSI sebagai salah satu alat atau piranti ekonomi dan keuangan syariah harus menjadi sebuah pilihan yang rasional bagi masyarakat sehingga tidak menjadi eksklusif.

“Tetapi menjadikannya bersifat universal sesuai dengan prinsip ajaran Islam Rahmatan lil Alamin,” kata Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, berkembangnya kelas menengah dan generasi milenial muslim yang makin sadar akan kebutuhan untuk melakukan kegiatan sesuai keyakinannya. Selain itu, m semakin meningkatkan kebutuhan akan produk layanan syariah termasuk jasa keuangan Syariah.

“Peluang ini harus ditangkap dan dimanfaatkan dengan baik oleh BSI,” kata Ma’ruf.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini