3 Tips Atur Keuangan bagi Para Jomblo

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 06:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 622 2367966 3-tips-atur-keuangan-bagi-para-jomblo-yDb2pOTh3L.jpg Tips Mengatur Keuangan Bagi yang Masih Jomblo. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Masih sendiri alias lajang bukan berarti tidak memiliki tantangan dalam perencanaan keuangan. Entah lajang karena pilihan atau akibat dari perceraian, ada beberapa hal yang perlu diingat saat mengelola uang untuk diri sendiri.

Merupakan satu-satunya yang memperoleh penghasilan dan masih memiliki tagihan yang harus dibayar, maka seorang lajang harus yakin bahwa telah memanfaatkan sebaik-baiknya apa yang dimiliki saat tidak ada orang lain untuk diandalkan.

Dilansir dari The Balance, Jumat (26/2/2021), berikut ini beberapa tips untuk menghemat uang bagi mereka yang lajang.

1. Membuat Anggaran

Penganggaran penting bagi siapapun, apapun situasinya, tetapi bahkan lebih penting lagi bagi lajang. Setiap uang yang dihasilkan harus diperhitungkan, dan harus memiliki pemahaman yang jelas tentang kemana perginya uang itu dan bagaimana dapat mengalokasikan uang untuk mendanai tujuan keuangan.

Baca Juga: Sering Bertengkar dengan Pasangan soal Keuangan? Coba 5 Tips Ini agar Lebih Akur

Membuat anggaran dapat mempermudah untuk mengawasi pengeluaran. Selain itu, anggaran dapat membantu menentukan pengeluaran tidak penting yang perlu dikurangi atau dihilangkan.

2. Menabung untuk Pensiun

Saat menjadi lajang, maka pensiun terletak tepat di pundak sendiri. Meskipun mungkin ada pendapatan tambahan dalam bentuk Jaminan Sosial, itu saja tidak cukup. Maka, penting untuk merencanakan masa depan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Siapkan Dana Darurat di Tengah Covid-19

Jika masih muda dan lajang, pensiun mungkin adalah hal terjauh dari benak. Tetapi, melakukan perencanaan pensiun dapat membantu memastikan bahwa akan menghabiskan hidup dimasa tua dengan tenang.

3. Siapkan Dana Darurat

Jika kehilangan pekerjaan, itu berarti tidak ada penghasilan karena mungkin tidak memiliki pasangan yang mampu memberikan bantuan uang. Sarana dukungan tunggal ini menjadi alasan mengapa sangat penting bagi seseorang lajang untuk memiliki dana darurat.

Seberapa besar dana darurat yang harus disiapkan? Jika lajang, mungkin pengeluaran yang dimiliki lebih sedikit dan dapat bertahan dengan jumlah yang lebih kecil. Namun, secara umum, disarankan untuk menyimpan pengeluaran selama tiga hingga enam bulan dalam tabungan cair yang dapat diakses dengan mudah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini