Sering Bertengkar dengan Pasangan soal Keuangan? Coba 5 Tips Ini agar Lebih Akur

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 06:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 24 622 2367405 sering-bertengkar-dengan-pasangan-soal-keuangan-coba-5-tips-ini-agar-lebih-akur-ZDqBoIU178.jpg Tips Keuangan Bagi Pasangan. (Foto: Okezone.com/Couplecounseling)

JAKARTA – Pertengkaran pasangan soal keuangan memang kerap kali terjadi dan sulit dihindari. Ketika menikah, cara menangani keuangan kemungkinan besar akan berubah. Pasalnya, setiap orang memiliki pemikiran atau pandangan yang berbeda-beda.

Meskipun mungkin akan ada saat-saat ketika pasangan saling berselisih mengenai keuangan, tetaplah terus mendiskusikan keuangan pribadi, serta tujuan keuangan untuk masa depan dengan pasangan. Sebab, pengaturan keuangan yang tepat menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berumah tangga.

Dilansir dari The Balance, Kamis (25/2/2021), berikut ini 5 tips yang dapat dilakukan untuk menghindari pertengkaran dengan pasangan saat membahas soal keuangan.

1. Dengarkan Pasangan

Jika salah satu diantaranya mengalami kesulitan memenuhi anggaran, mungkin inilah saatnya untuk duduk dan mencari tahu mengapa anggaran itu tidak berhasil dan mulai mengembangkan rencana untuk tetap berpegang pada anggaran.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Siapkan Dana Darurat di Tengah Covid-19

Bicaralah dengan pasangan tentang cara terbaik untuk merumuskan anggaran, termasuk berapa banyak uang yang harus dialokasikan untuk belanjaan, makan di luar, pakaian, dan tambahan menyenangkan lainnya. Jangan lupa untuk menganggarkan dana darurat.

2. Setuju untuk Pembelian Lebih Besar

Keduanya harus memiliki pemikiran yang sama mengenai pembelian yang lebih besar, seperti mobil, liburan, atau berbelanja secara royal. Mungkin salah satu merasa bahwa barang tersebut diperlukan sekarang, sementara satunya tidak, dan lebih memilih untuk menghemat uang dalam jangka panjang.

Baca Juga: 4 Cara Hitung Dana Pensiun

Jika merasa keberatan, tanyakan pada diri sendiri apa alasannya. Luangkan waktu untuk menjelaskan dan mendengarkan satu sama lain sampai dapat menyelesaikan perbedaan dan menemukan kesepakatan.

3. Pikirkan Menuju Masa Depan

Bahas bersama pasangan terkait masa depan seperti menabung untuk masa pensiun atau membeli rumah. Seringkali, jika dapat menetapkan tujuan bersama maka lebih mudah untuk mencapainya bersama pasangan.

Anggaran akan membantu mencapai tujuan, dan membuat lebih bersedia untuk mengerjakan anggaran. Buat pasangan untuk ikut serta dengan mengilustrasikan bagaimana menabung untuk masa depan yang juga akan bermanfaat bagi keduanya.

4. Miliki Pemikiran yang Sama

Jika ingin berhenti bertengkar finansial dengan pasangan, penting untuk berpikiran sama. Apakah tujuan keuangan utama adalah membayar hutang, mendanai pendidikan perguruan tinggi anak, atau berpegang pada anggaran yang realistis, penting untuk mengkomunikasikan kepada pasangan.

Begitu memiliki pemikiran yang sama, akan terasa lebih mudah untuk membahas semua hal yang berkaitan dengan uang bersama pasangan.

5. Jadikan Akuntabilitas sebagai Prioritas

Salah satu kunci utama dalam mengelola uang tanpa bertengkar adalah senada dengan anggaran dan tujuan keuangan lainnya. Itu berarti diperlukan cara untuk memiliki akuntabilitas, baik terhadap anggaran maupun terhadap satu sama lain.

Saat ini ada berbagai aplikasi penganggaran atau keuangan di ponsel yang dapat disinkronkan dengan ponsel pasangan. Pemikiran yang sama dan memiliki akuntabilitas adalah kunci untuk mengelola keuangan dengan lancar bersama pasangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini