5 Cara Mudah Siapkan Dana Darurat di Tengah Covid-19

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Rabu 24 Februari 2021 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 23 622 2366857 5-cara-mudah-siapkan-dana-darurat-di-tengah-covid-19-6Vna1x31Lc.jpg Dana Darurat (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Salah satu hal terpenting dalam setiap rencana keuangan adalah membangun dana darurat. Apalagi dana darurat sangat dibutuhkan di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Pasalnya, keadaan darurat dan pengeluaran tak terduga dapat terjadi kapan saja. Inilah alasan mengapa menyimpan uang dalam dana darurat sangat penting untuk keuangan pribadi yang baik.

Banyak orang mungkin sudah paham bahwa perlu menyisihkan uang untuk keadaan darurat. Tetapi banyak pula yang tidak tahu bagaimana mewujudkannya. Meski mengumpulkan dana darurat memang tidaklah mudah, berusahalah melakukannya demi kenyamanan di masa depan.

Dilansir dari The Balance, Rabu (24/2/2021), berikut ini 5 cara mudah untuk membangun dana darurat.

1. Simpan Dulu

Trik pertama untuk menabung adalah tidak menunggu dan melihat seberapa banyak "memiliki sisa" di akhir bulan, melainkan untuk "membayar diri dulu." Pada awal bulan (atau setiap kali dibayar), sisihkan sejumlah uang untuk tabungan darurat sebelum melakukan hal lain.

Baca Juga: Pentingnya Dana Darurat, Investasi Jangka Panjang hingga Biaya Renovasi Rumah 

Setelah uang ini disimpan dengan aman di rekening tabungan, maka tidak akan tergoda untuk membelanjakannya untuk semua hal lain yang cenderung muncul.

2. Atur dan Lupakan

Ambil satu langkah lebih jauh dengan mengotomatiskan tabungan untuk mengurangi kemungkinan kesalahan manusia (atau kelemahan). Siapkan transfer otomatis dari giro ke rekening tabungan di awal setiap bulan (atau setiap kali mendapatkan gaji) sehingga tidak ada kemungkinan akan lupa untuk menyisihkan uang ini atau menggunakannya untuk hal lain.


3. Simpan Uang 'Dadakan'

Tahan keinginan untuk mengeluarkan uang ekstra yang masuk. Jika mendapatkan uang ekstra seperti pengembalian pajak, simpan segera di dana tabungan darurat. Jangan melewatkannya, karena setiap ‘rezeki nomplok’ kecil akan membantu untuk lebih dekat dengan sasaran tabungan.

4. Pangkas Anggaran

Bebaskan uang ekstra untuk penghematan dengan memotong sebanyak mungkin anggaran yang tidak perlu. Setiap uang yang dapat dipotong dari anggaran bulanan akan memberi lebih banyak uang tunai yang dapat digunakan untuk dana darurat.

5. Biarkan Uang ‘Tumbuh’

Pastikan uang yang ditabung berhasil dengan memasukkannya ke dalam rekening tabungan, rekening pasar uang atau CD (certificates of deposit) berimbal hasil tinggi yang dapat berkembang dan memberi lebih banyak uang di masa mendatang. Setiap uang tambahan sangatlah berarti, jadi pastikan mendapatkan laba maksimum untuk investasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini